Home
Gadget
Smartphone
Teknologi
Tips
10 Tips Menghemat Baterai Smartphone saat Bermain Game

10 Tips Menghemat Baterai Smartphone saat Bermain Game


Bermain game di perangkat smartphone memang salah satu aktivitas yang menyenangkan dan mungkin menjadi hobi yang sering dilakukan oleh banyak orang. Mulai dari genre kasual hingga game kompetitif, semuanya bisa dimainkan kapan saja dan di mana saja hanya dengan menggunakan smartphone.

Namun, salah satu masalah yang sering dihadapi para gamer mobile ini, yaitu mengenai daya tahan pada baterai yang biasanya akan cepat habis. Tak jarang, kita harus berhenti bermain hanya karena baterai smartphone sudah lemah atau bahkan sudah mendekati nol persen.

Beberapa jenis game yang membutuhkan grafis tinggi seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Genshin Impact, Asphalt Racing, dll, seringkali memang bisa memakan daya baterai yang jauh lebih besar dibandingkan kebanyakan aplikasi lain.

Jika kita tidak cermat dalam mengelola penggunaan daya saat bermain, maka tidak hanya waktu bermain saja yang mungkin akan terganggu, tapi juga umur baterai yang bisa saja menjadi semakin pendek.

Nah oleh karena itu, jika kita memang sering menggunakan smartphone untuk kebutuhan bermain game ini, maka ada baiknya kita mengetahui mengenai tips apa saja yang harus dilakukan untuk menghemat baterai.

Tujuannya tentu saja agar device kita tersebut dapat tetap irit baterai dan pastinya tidak cepat rusak juga.

Cara Efektif Menghemat Baterai Smartphone saat Bermain Game

Pada dasarnya menghemat baterai smartphone saat bermain game bisa dibilang bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan.

Adapun berikut ini merupakan tips sederhana tapi sangat ampuh untuk menghemat baterai smartphone, tanpa harus mengurangi kualitas pengalaman bermain kita.

1. Turunkan Kecerahan Layar

Bagi layar smartphone boleh dibilang merupakan salah satu komponen yang biasanya akan banyak mengkonsumsi daya baterai. Dimana semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka akan semakin besar pula daya yang digunakan.

Saat sedang bermain game, kita bisa mengurangi tingkat kecerahan layar ini agar baterai bisa lebih hemat. Selain itu pastikan juga fitur kecerahan otomatis (auto brightness) pada layar sebaiknya dimatikan saja.

Terlebih jika kita sedang bermain game di dalam ruangan, maka kontras kecerahan yang rendah sebenarnya tidak akan terlalu berpengaruh pada gameplay kita.

Sebab saat ini memang sudah banyak game yang memiliki desain antarmuka yang tetap terlihat jelas meskipun dengan tingkat kecerahan yang rendah.

2. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Sebagian besar smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Battery Saver atau Low Power Mode.

Fitur ini jika diaktifkan maka secara otomatis akan membatasi beberapa aktivitas di latar belakang, seperti misalnya sinkronisasi data, update aplikasi otomatis, atau efek animasi transisi yang terkadang tidak terlalu penting.

Saat bermain game, kita bisa mengaktifkan mode ini untuk mengurangi konsumsi daya tanpa terlalu mempengaruhi performa game yang dimainkan.

3. Matikan Koneksi yang Tidak Diperlukan

Saat sedang bermain game, terutama tipe game offline yang tidak memerlukan koneksi internet, maka kita bisa mematikan paket kuota data atau wifi untuk menghemat baterai.

Selain itu jika kita bermain game dengan memakai mode jaringan seluler, maka sebaiknya kita matikan fitur koneksi seperti wifi dan juga bluetooth, agar smartphone tidak terus-menerus mencari sinyal yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Sebab proses memindai sinyal wifi atau bluetooth ini seringkali bisa memakan daya yang cukup signifikan, dan tentunya hal ini bisa berdampak pada terkurasnya baterai dengan lebih cepat.

4. Kurangi Penggunaan Aplikasi Latar Belakang

Sebelum bermain game, pastikan kita menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi seperti media sosial, pemutar musik, atau bahkan browser dapat menguras daya baterai meskipun tidak sedang digunakan secara langsung.

Dengan menutup aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai ini, smartphone bisa menghemat lebih banyak daya dan sumber daya itu akan difokuskan hanya pada game yang sedang kita mainkan saja.

Selain dapat menghemat baterai, aplikasi yang ditutup di latar belakang juga bisa membantu menambah performa FPS, karena RAM yang terpakai menjadi lebih minim, sehingga kita bisa lebih enjoy saat bermain. 


5. Gunakan Headset Kabel daripada Bluetooth

Menggunakan headset Bluetooth memang sangat praktis dan tidak mengganggu pandangan karena minimnya kabel yang menjuntai kemana-mana.

Akan tetapi headset nirkabel atau TWS ini bisa memakan daya tambahan dari baterai smartphone, akibat penggunaan bluetooth untuk menghubungkan TWS dengan perangkat smartphone.

Nah untuk itu agar lebih hemat, kita bisa menggunakan jenis headset atau earphone kabel yang tidak memerlukan daya tambahan dari smartphone.

Selain bisa lebih hemat baterai, kualitas suara dari headset kabel sering kali lebih stabil tanpa adanya delay maupun gangguan sinyal lainnya.

6. Mainkan Game di Suhu Ruangan yang Sejuk

Smartphone yang terlalu panas seperti overheat cenderung akan menghabiskan lebih banyak daya baterai karena sistem harus bekerja ekstra keras untuk menjaga performa.

Untuk itu, agar hal tersebut tidak terjadi maka sebaiknya kita bermain di tempat yang memiliki suhu sejuk seperti di ruangan ber-AC. Bahkan jika perlu kita pun bisa memasangkan pendingin tambahan seperti fan pada smartphone, agar suhunya dapat terjaga.

Hindari juga bermain di bawah sinar matahari langsung, karena panas dari luar bisa mempercepat kenaikan suhu perangkat, dan bisa berdampak pada daya tahan menjadi boros.

7. Nonaktifkan Notifikasi Selama Bermain

Notifikasi yang muncul selama bermain game tentu tidak hanya mengganggu konsentrasi, tapi juga akan memakan daya baterai. Ini sebenarnya contoh kasus yang sama seperti saat kita mengaktifkan aplikasi di latar belakang.

Dimana setiap kali pesan notifikasi muncul, maka layar akan menyala dan chip prosesor pun akan bekerja untuk menampilkan notifikasi tersebut.

Nah untuk menghindari hal ini, sangat disarankan agar kita mengaktifkan mode Do Not Disturb atau Game Mode yang biasanya sudah tersedia di beberapa perangkat smartphone agar notifikasi tidak mengganggu selama bermain game.

8. Lakukan Pembaharuan Secara Berkala

Pihak pengembang game seringkali melakukan update pembaruan secara berkala untuk meningkatkan performa, termasuk juga untuk memperbaiki efisiensi daya.

Begitu juga dengan sistem operasi smartphone yang sering diperbarui untuk optimasi penggunaan baterai.

Oleh karena itu, selalu pastikan untuk kita memperbarui game dan juga sistem operasi ke versi terbaru, agar kita dapat menikmati performa yang jauh lebih baik dan konsumsi daya yang lebih efisien. Selain tentunya, hal ini juga bisa berguna agar perangkat dapat terhindar dari berbagai macam bug yang mungkin ada dari versi sebelumnya.

9. Gunakan Power Bank

Jika kita sering bermain game di luar rumah atau di tempat yang sulit menemukan colokan listrik, maka pemakaian power bank mungkin bisa menjadi salah satu solusi yang tepat.

Dengan power bank, kita tidak perlu khawatir terhadap baterai gadget yang bisa saja habis di tengah-tengah permainan. Membuat kita bisa lebih lama dalam menjalankan misi maupun push rank dengan lebih lama.

Namun satu hal yang perlu diingat, yaitu power bank yang kita gunakan sebaiknya memiliki kapasitas yang cukup besar dan juga mendukung pengisian daya cepat (fast charging) agar penggunaan bisa lebih efisien.

10. Beli Smartphone dengan Kapasitas Baterai Besar

Poin terakhir jika kita memang seorang gamer mobile sejati yang sering bermain game dalam waktu yang sangat lama, maka solusi jangka panjang yang bisa kita pertimbangkan yaitu dengan membeli seri smartphone yang sudah dibekali dengan kapasitas baterai besar.

Beberapa jenis smartphone terutama seri gaming umumnya sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar antara 5.000 mAh hingga 6.000 mAh. Dimana dengan kapasitas tersebut, smartphone mampu bertahan lebih lama terlebih saat digunakan untuk keperluan bermain game.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.