Home
Gadget
Info
Laptop
Teknologi
Mengenal Tipe Laptop ASUS dari Varian Bawah hingga Atas

Mengenal Tipe Laptop ASUS dari Varian Bawah hingga Atas

Asus Zenbook S14

ASUS memang merupakan salah satu brand laptop yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan berbagai varian yang ditawarkan, ASUS saat ini menyediakan banyak laptop dari berbagai macam tipe, yaitu dari mulai kelas entry-level hingga kelas high-end.

Adapun pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai berbagai tipe laptop ASUS, dimulai dari varian bawah hingga varian atas. Tujuannya tentu saja agar kita tidak bingung saat ingin membeli laptop dari brand satu ini, serta bisa dengan mudah menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Daftar Laptop ASUS Semua Tipe

Secara umum, laptop dari brand ASUS ini terdiri dari 5 serie berdasarkan kelasnya. Dimana dari masing-masing kategori ini, biasanya akan terbagi lagi berdasarkan spesifikasi dan juga SKU yang berbeda-beda.

1. ASUS Seri VivoBook – Varian Entry-Level

Pertama yaitu ada seri vivobook, dimana seri ini cocok untuk kita yang membutuhkan jenis laptop dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang mumpuni.

VivoBook merupakan salah satu seri yang menyasar pengguna dengan kebutuhan komputasi ringan untuk keperluan sehari-hari, seperti pekerjaan kantor, browsing, atau multimedia ringan.

Beberapa model dalam seri ini yaitu seperti ASUS VivoBook 14 dan juga VivoBook 15 yang menawarkan desain yang tipis dan ringan, sehingga membuatnya mudah untuk dibawa ke mana saja.

Meski berada di kelas entry-level, namun beberapa SKU dari VivoBook juga sudah dibekali dengan fitur-fitur modern seperti layar NanoEdge yang memberikan tampilan lebih luas, serta prosesor Intel Core i3 atau Ryzen 3 yang cukup untuk multitasking ringan.

VivoBook juga dilengkapi dengan opsi penyimpanan SSD yang memastikan akses data lebih cepat.

2. ASUS Seri ZenBook – Varian Mid-Range

Bagi kita yang menginginkan laptop dengan desain premium, performa lebih tinggi, namun tetap terjangkau, maka ASUS ZenBook mungkin bisa menjadi pilihan yang cocok untuk kita gunakan.

Seri ZenBook ini memang menyasar pengguna yang membutuhkan laptop untuk pekerjaan produktif seperti desain grafis, editing video ringan, maupun untuk pekerjaan kantor dengan intensitas multitasking yang lebih tinggi.

Seri ZenBook terkenal dengan desainnya yang sangat elegan dan juga ramping. Salah satu keunggulan ZenBook yaitu layar dengan resolusi tinggi disertai color gamut yang baik, sehingga sangat cocok untuk pekerjaan kreatif.

Dibekali dengan prosesor kelas menengah seperti Intel Core ultra 5 atau 7, AMD Ryzen 5 atau 7, serta opsi grafis dari NVIDIA, seri ZenBook ini sudah mampu untuk menangani tugas-tugas yang lebih berat dibandingkan VivoBook.

Beberapa model populer seperti ZenBook 13 dan ZenBook 14 juga memiliki daya baterai dengan ketahanan yang lama, sehingga cocok untuk kita yang sering bepergian dan membutuhkan laptop dengan portabilitas tinggi tanpa sering mengisi daya.

3. ASUS Seri TUF Gaming – Varian Mid-Range untuk Gaming

Jika kita adalah seorang gamer atau pengguna yang membutuhkan laptop dengan performa grafis yang cukup tinggi, maka seri ASUS The Ultimate Force (TUF) Gaming mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

TUF Gaming dirancang khusus untuk keperluan gaming namun dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan seri ROG. Meskipun harganya lebih rendah, TUF Gaming tetap menawarkan performa yang kuat, terutama dalam hal grafis.

Laptop ini biasanya dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen atau Intel Core Ultra 5/7, serta kartu grafis NVIDIA GTX atau RTX, yang mampu menjalankan game AAA dengan lancar.

TUF Gaming juga didesain dengan memiliki sistem pendingin yang baik, serta material yang lebih kokoh, dan bahkan untuk beberapa SKU ada yang sudah memiliki sertifikasi standard military grade, sehingga selain lebih kokoh seri ini juga tergolong tahan lama untuk digunakan dalam sesi gaming yang panjang.

4. ASUS Seri ROG (Republic of Gamers) – Varian High-End untuk Gaming

Bagi kita yang mencari laptop gaming premium dengan performa terbaik, maka ASUS ROG adalah jawabannya.

Seri ini merupakan varian tertinggi yang dikhususkan untuk gamer profesional maupun pengguna yang membutuhkan performa maksimal. ASUS ROG hadir dengan spesifikasi tertinggi, seperti prosesor Intel Core Ultra 9 maupun AMD Ryzen 9, serta kartu grafis NVIDIA RTX seri 30, yang memastikan game AAA terbaru bisa berjalan dengan mulus pada pengaturan grafis tertinggi sekalipun.

Selain itu, ROG juga dilengkapi dengan layar refresh rate tinggi, mencapai 144Hz atau lebih, yang memberikan pengalaman visual lebih halus. Tidak hanya itu, laptop ROG juga biasanya sudah dibekali dengan berbagai fitur tambahan seperti keyboard RGB, sistem pendingin canggih, serta desain yang sangat futuristik.

5. ASUS Seri ProArt StudioBook – Varian High-End untuk Kreator Konten

Jika kita bekerja sebagai kreator konten, desainer grafis, atau editor video profesional, ASUS ProArt StudioBook mungkin menjadi salah satu varian yang harus dipertimbangkan.

Seri ini dirancang khusus untuk kebutuhan kreatif dengan spesifikasi yang mendukung proses rendering, editing video 4K, dan tugas berat lainnya. ProArt StudioBook dibekali dengan prosesor Intel Xeon atau Core i9, serta grafis NVIDIA Quadro yang sangat cocok untuk profesional kreatif.

Layar pada ProArt StudioBook menawarkan akurasi warna yang sangat tinggi, sehingga kita dapat bekerja dengan presisi dalam hal visual. Ini membuat laptop ini menjadi pilihan ideal bagi fotografer, videografer, dan desainer.

Penutup dan Kesimpulan

ASUS sebagai salah satu brand teknologi besar, memang banyak menyediakan berbagai varian laptop yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan.

Mulai dari VivoBook untuk pengguna harian, ZenBook untuk pengguna profesional, TUF untuk entry level gaming, hingga ROG dan ProArt untuk gamer serta kreator konten.

Selain serie yang sudah dijelaskan diatas, sebenarnya ada satu lagi pilihan laptop dari ASUS yaitu ada seri chromebook. Seri ini terbilang sangat cocok dipakai bagi pelajar karena memiliki harga paling terjangkau dan sudah dibekali dengan chrome OS yang terkenal sangat ringan.

Namun seri chromebook ini terkadang agak sulit ditemukan di Indonesia, sehingga membuat harganya terkadang agak mahal dari harga pasaran secara umum. Meskipun tentu harga yang ditawarkan juga pastinya akan tetap lebih murah dibandingkan dengan seri vivobook.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.