Home
Gadget
Laptop
Teknologi
7 Fitur Touchpad Laptop di Windows 11 yang Harus Diketahui

7 Fitur Touchpad Laptop di Windows 11 yang Harus Diketahui

Keyboard Laptop

Saat ini penggunaan laptop memang boleh dibilang semakin meningkat seiring dengan kebutuhan akan mobilitas dan kemudahan dalam bekerja maupun belajar.

Salah satu bagian penting dari laptop yang seringkali kita abaikan yaitu tentang keberadaan touchpad, alat navigasi pengganti mouse.

Kebanyakan dari kita mungkin hanya menggunakan touchpad untuk gerakan dasar seperti menggerakkan kursor atau melakukan klik, tanpa menyadari bahwa sebenarnya ada banyak sekali fitur tersembunyi yang bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan produktivitas kita.

Nah di sistem operasi terbaru yaitu Windows 11, touchpad laptop telah mengalami berbagai peningkatan dan pembaruan fitur yang memungkinkan kita bekerja lebih cepat dan efisien.

Mulai dari gestur multi-jari hingga pengaturan sensitivitas, ada banyak fitur menarik yang mungkin belum kita ketahui.

Yuk, langsung saja kita simak mengenai fitur-fitur apa saja yang ada di touchpad Windows 11 dan bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan pengalaman saat sedang menggunakan laptop.

Fitur Touchpad pada Windows 11 yang Sangat Bermanfaat

1. Gestur Multi-Jari

Salah satu fitur unggulan dari touchpad di Windows 11 yang terbaru yaitu berupa gestur multi-jari.

Dengan fitur ini, kita bisa menggunakan lebih dari satu jari untuk melakukan berbagai tugas secara cepat.

Misalnya saja, dengan menggeser tiga jari ke atas, kita bisa membuka tampilan Task View untuk melihat semua jendela aplikasi yang sedang aktif. Lalu menggeser tiga jari ke bawah akan menyembunyikan semua jendela aplikasi, mirip seperti Minimize All.

Selain itu, kita juga bisa menggeser tiga jari ke kiri atau kanan untuk berpindah antar aplikasi yang sedang kita buka.

Fitur ini tentu sangat membantu, terutama jika kita sering bekerja dengan banyak aplikasi sekaligus, karena lebih praktis dibanding harus menekan tombol ALT + Tab.

Lalu jika kita tap atau klik menggunakan 3 jari sekaligus, maka akan muncul menu pencarian dan recent apps. Sementara jika melakukan tap dengan 4 jari sekaligus, maka akan muncul menu notifikasi dan kalender.

2. Pinch-to-Zoom

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah Pinch-to-Zoom. Jika kita sering menggunakan laptop untuk bekerja dengan dokumen, gambar, atau menjelajahi web, fitur ini pastinya akan sangat bermanfaat.

Kita hanya perlu menjepit atau melebarkan dua jari pada touchpad untuk memperbesar atau memperkecil tampilan layar. Untuk melakukan zoom-in kita bisa melebarkan dua jari, sedangkan untuk zoom-out kita bisa mengecilkan dua jari.

Fitur ini tentu mirip seperti yang ada di smartphone, sehingga kita bisa lebih cepat beradaptasi dalam penggunaannya.

3. Scroll Dua Jari

Fitur scrolling dua jari sudah menjadi fitur standar pada touchpad modern, termasuk juga di OS Windows 11.

Dengan menggeser dua jari secara bersamaan ke atas atau ke bawah pada touchpad, maka kita bisa menggulir halaman atau dokumen dengan cepat.

Sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot mencari scrollbar di sisi layar yang terkadang sangat tidak praktis. 

Selain itu, kita juga masih bisa mengubah arah scrolling di pengaturan, sesuai dengan kebiasaan kita.

4. Klik Kanan dengan Dua Jari

Kita tidak perlu lagi mencari tombol klik kanan secara fisik pada touchpad laptop yang biasanya ada dibagian sebelah kanan bawah.

Melainkan jika kita ingin melakukan input klik kanan, maka cukup mengetuk atau tap touchpad dengan dua jari sekaligus.

Dan secara otomatis akan memunculkan menu konteks yang biasa muncul saat kita klik kanan dengan mouse.

Fitur ini tentu saja membuat penggunaan touchpad akan menjadi lebih mudah dan lebih praktis.

5. Pengaturan Kecepatan dan Sensitivitas

Tidak semua orang merasa nyaman dengan kecepatan atau sensitivitas touchpad bawaan laptop. Nah untungnya, di OS Windows 11 ini kita bisa dengan mudah mengatur kecepatan kursor dan sensitivitas touchpad sesuai dengan preferensi kita.

Untuk mengubah kecepatan dan sensitivitas kita bisa mengakses pengaturan ini melalui menu Settings > pilih Bluetooth & Devices > pilih Touchpad > lalu pada bagian menu Cursor Speed dan menu Touchpad Sensitivity bisa kita ubah sesuai kebutuhan.

Selain kecepatan, kita juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur seperti tap-to-click, yang memungkinkan kita melakukan klik hanya dengan mengetuk touchpad.

Cara ini sangat membantu sekali, terutama jika kita lebih suka mengetuk daripada menekan tombol fisik pada touchpad (Meskipun sebenarnya fitur ini secara default akan aktif otomatis). 

6. Pengaktifan dan Penonaktifan Touchpad Otomatis

Nah jika kita memang sudah menggunakan mouse dan ingin mematikan fitur touchpad di Windows 11, maka kita bisa memilih untuk menonaktifkannya secara otomatis saat laptop terhubung dengan mouse eksternal, sehingga kursor tidak akan berpindah-pindah secara acak meski kita menyentuh bagian touchpad.

Adapun untuk pengaturan ini dapat diakses melalui menu Settings > Bluetooth & Devices > Touchpad > lalu klik sekali pada menu Touchpad > lalu hilangkan tanda centang pada opsi Leave touchpad on when a mouse is connected. 

Dengan mematikan fitur ini, maka touchpad akan otomatis mati saat perangkat laptop terhubung dengan mouse, dan akan langsung aktif kembali jika mouse sudah tidak terhubung dengan laptop.

Fitur ini tentu sangat membantu dalam meningkatkan akurasi dan kenyamanan saat kita mengetik di keyboard laptop, terutama jika kita memilih untuk menggunakan perangkat mouse.

7. Custom Gesture

Windows 11 juga menyediakan opsi untuk membuat gestur kustom pada touchpad. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengganti dan menyesuaikan fitur multi jari seperti pada poin nomor 1 sesuai dengan keinginan.

Misalnya, kita bisa mengatur agar menggeser empat jari ke atas untuk menaikkan volume, atau menggeser tiga jari ke bawah untuk memutar media.

Dengan demikian, kita bisa mengatur fitur multi jari pada touchpad sesuai dengan kebutuhan dan gaya kerja kita.

Adapun cara untuk mengubahnya yaitu cukup masuk ke menu Settings > pilih Bluetooth & Device > Touchpad > Advanced gestures > lalu ubah pengaturan sesuai kebutuhan.

Cara Mengoptimalkan Penggunaan Touchpad di Windows 11

Selain mengetahui fitur-fitur di atas, ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan touchpad di sistem operasi Windows 11
  • Update Driver: Pastikan touchpad kita sudah menggunakan driver versi terbaru agar semua fitur bisa berfungsi dengan baik.
  • Gunakan Fitur Precision Touchpad: Laptop yang dilengkapi dengan Precision Touchpad akan memiliki performa lebih baik dan lebih responsif.
  • Sesuaikan Gestur dengan Kebutuhan: Manfaatkan fitur custom gesture untuk memudahkan multitasking. Jadi silahkan dicoba satu per satu fitur multi gesture tersebut.

Kesimpulan

Touchpad pada laptop sering kali dianggap sepele, padahal di Windows 11 sendiri sudah dibenamkan banyak fitur yang bisa memaksimalkan produktivitas kita.

Dari gestur multi-jari hingga pengaturan sensitivitas, semua bisa kita sesuaikan sesuai kebutuhan.

Sehingga dengan kita mengetahui dan bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut, seharusnya kita bisa bekerja dengan lebih cepat dan efisien tanpa harus selalu mengandalkan mouse.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.