Home
Gadget
Laptop
Teknologi
Tutorial
Cara Menyalakan Backlight Keyboard Laptop Berbagai Merk

Cara Menyalakan Backlight Keyboard Laptop Berbagai Merk


Backlight keyboard atau lampu latar pada tombol keyboard merupakan salah satu fitur yang saat ini sudah semakin umum dan bisa dengan mudah ditemukan pada perangkat laptop dari berbagai merk.

Fitur ini umumnya bisa sangat membantu sekali terutama saat kita sedang bekerja menggunakan laptop di lingkungan dengan pencahayaan yang minim.

Keyboard yang menyala tentu saja memudahkan kita untuk melihat tombol-tombol dengan lebih jelas, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan juga efisiensi dari pemakaian perangkat tersebut.

Namun, sayangnya tidak semua user laptop tahu tentang cara menyalakan atau menyesuaikan kecerahan backlight pada keyboard laptop mereka.

Apalagi setiap merk laptop biasanya akan memiliki cara yang berbeda-beda untuk dapat mengaktifkan fitur ini.

Disisi lain banyak juga yang masih bingung karena pemakaian dari kombinasi tombol untuk menyalakan lampu keyboard terkadang tidak dijelaskan secara rinci di buku manual.

Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk membahas mengenai cara menyalakan tombol backlight pada keyboard dari berbagai jenis merk laptop yang ada saat ini.

Jadi, jika kita termasuk salah satu orang yang bingung dan masih mencari cara untuk menyalakan backlight keyboard, maka sebaiknya langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Cara Menyalakan Tombol Backlight Keyboard Laptop Berbagai Merk

1. ASUS

Pada laptop Asus, untuk menyalakan lampu keyboard umumnya bisa menggunakan kombinasi shortkey dengan menekan tombol Fn + F4 untuk menambah kecerahan dan Fn + F3 untuk mengurangi tingkat kecerahan atau mematikan lampu.

Pada beberapa model, ikon lampu seringkali terletak pada tombol F tersebut. Jika laptop Asus kita mendukung fitur ini, maka lampu akan menyala dan kita bisa dengan mudah untuk menyesuaikan tingkat kecerahannya.

2. Acer

Laptop Acer juga memiliki tombol khusus untuk mengaktifkan lampu keyboard ini, biasanya kombinasi antara tombol Fn + F9 atau Fn + F8.

Namun, beberapa model Acer memiliki backlight yang menyala secara otomatis ketika laptop dihidupkan, jadi kita hanya perlu menyesuaikan intensitas cahaya jika diperlukan melalui pengaturan pada BIOS atau aplikasi bawaan seperti nitro sense.

3. HP (Hewlett-Packard)

Pada laptop dari brand HP, kombinasi tombol yang umum digunakan untuk menyalakan lampu keyboard yaitu dengan menekan tombol Fn + F5 atau bisa juga dengan hanya menekan tombol F5 secara langsung.

Beberapa seri laptop HP juga menawarkan pengaturan backlight otomatis yang hanya akan menyala ketika kondisi pencahayaan di sekitar cukup gelap.

Nah untuk mengaktifkan dan pengaturan lebih lanjut, maka bisa dicek melalui program software HP Command Center.

4. Lenovo

Laptop Lenovo biasanya menggunakan kombinasi tombol Fn + tombol Spasi untuk menyalakan dan mematikan backlight keyboard.

Pada beberapa model atau seri, fitur ini dapat diatur untuk menyala dengan intensitas yang berbeda, sehingga kita bisa memilih tingkat pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadi kita perlu menekan shortkey Fn + tombol Spasi beberapa kali untuk mengubah tingkat kecerahannya.

5. MSI

Laptop gaming MSI seringkali dilengkapi dengan RGB backlight yang bisa diatur melalui aplikasi SteelSeries Engine. Namun, untuk mengaktifkan lampu backlight dasar di kebanyakan seri laptop mereka, biasanya kita dapat menggunakan kombinasi tombol Fn + F10 atau Fn + F6, tergantung model dari seri laptop.

6. Dell

Pada laptop Dell, kombinasi tombol untuk menyalakan backlight keyboard biasanya bisa dengan menekan tombol Fn + F10 maupun Fn + F7.

Jika kedua kombinasi tersebut tidak berfungsi, kita bisa coba untuk memeriksa pada pengaturan di BIOS yang mengatur mengenai lampu backlight ini.

Selain itu laptop dari brand ini seringkali memberikan opsi untuk mengatur durasi backlight menyala secara otomatis.

7. MacBook

Nah untuk MacBook, menyalakan backlight keyboard sangatlah sederhana. Kita hanya perlu menekan tombol dengan ikon cahaya pada bagian keyboard, yang biasanya berada di sebelah tombol F5 dan F6.

Selain itu, kita juga bisa mengatur kecerahan lampu keyboard melalui System Preferences di bagian Keyboard.

8. Axioo

Pada laptop Axioo, menyalakan lampu backlight keyboard dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol Fn + F9 atau bisa juga dengan menekan tombol Fn + F10, tergantung pada model laptop yang sedang dipakai.

Pengaturan backlight ini biasanya fitur dasar, dengan opsi untuk menyalakan atau mematikan saja.

9. Huawei

Laptop Huawei umumnya menggunakan kombinasi tombol Fn + F3 untuk bisa menyalakan dan menyesuaikan kecerahan lampu pada keyboard.

Namun, khusus untuk beberapa model seringkali menawarkan pengaturan melalui aplikasi Huawei PC Manager untuk penyesuaian pencahayaan yang lebih fleksibel.

10. Infinix

Pada laptop Infinix, tombol backlight biasanya diaktifkan melalui kombinasi Fn + Spasi seperti pada device Lenovo atau bisa juga dengan menekan tombol Fn + F4.

Model laptop Infinix umumnya sudah dilengkapi dengan backlight keyboard pada bahkan pada varian laptop kelas entry-level mereka, sehingga fitur ini cukup mudah diakses dan digunakan.

11. Brand Lain

Selain merk-merk di atas, beberapa laptop dari brand lain seperti Toshiba, Samsung, dan Gigabyte juga dilengkapi dengan fitur backlight keyboard.

Secara umum, cara menyalakan lampu keyboard di merk-merk ini tidak jauh berbeda, yaitu bisa dengan menggunakan kombinasi tombol Fn dengan salah satu tombol dibarisan tombol fungsi (F) yang memiliki ikon cahaya.

Penutup dan Kesimpulan

Fitur backlight keyboard pada dasarnya merupakan salah satu fitur yang sangat berguna, terutama ketika kita  sedang bekerja di ruangan dengan pencahayaan yang kurang memadai alias terbatas.

Setiap merk laptop bisa dibilang memiliki cara yang berbeda untuk dapat mengaktifkan fitur ini. Meski umumnya untuk mengaktifkan fitur ini bisa menggunakan kombinasi tombol Fn dengan salah satu tombol fungsi di bagian atas keyboard.

Nah jika laptop kita memiliki fitur ini, namun tombol atau kombinasi yang dibutuhkan ternyata tidak berfungsi sama sekali. Maka untuk memastikannya yaitu bisa dengan cara mengecek pengaturan pada menu BIOS atau aplikasi bawaan dari masing-masing laptop tersebut.

Selain itu, kita juga bisa memeriksa pada panduan buku manual atau situs resmi dari setiap brand laptop untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Sebab tidak menutup kemungkinan tombol untuk mengaktifkan backlight keyboard sudah berganti dan diubah dengan cara yang lebih baru.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.