Home
Gadget
Teknologi
Tips
Cara Ampuh Mengatasi Stick Drift pada Gamepad Console

Cara Ampuh Mengatasi Stick Drift pada Gamepad Console

Stick Console Game Black and white

Stick drift merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi para gamer ketika menggunakan gamepad console.

Sebagai komponen penting untuk mengontrol gerakan dalam game, stick yang bermasalah tentu bisa mengganggu pengalaman bermain. Apalagi jika kita sedang asyik-asyiknya bermain game dan tiba-tiba kondisi ini terjadi, maka bisa dipastikan mood kita akan rusak dan tentu saja bisa sangat mengesalkan.

Stick drift sendiri pada dasarnya merupakan kondisi dimana analog pada gamepad akan bergerak sendiri meski tanpa adanya input dari kita. Alhasil, karakter atau kursor dalam game biasanya akan ikut bergerak sendiri tanpa kendali.

Jika kita sedang bermain jenis game kompetitif, maka kondisi stick drift ini mungkin bisa menjadi masalah besar karena akan mengganggu presisi dan respons saat bermain.

Disisi lain masalah stick drift ini tidak hanya terjadi pada gamepad yang sudah lama digunakan saja, tetapi juga bisa dialami pada gamepad baru jika terkena debu atau penggunaan yang kurang tepat.

Selain itu, stick drift bisa terjadi di berbagai console game baik itu pada gamepad PlayStation, Xbox, hingga Nintendo Switch.

Penyebab Stick Drift pada Console Game

Sebelum kita masuk ke cara mengatasi stick drift, maka ada baiknya kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang apa saja hal-hal yang bisa membuat kondisi ini terjadi.

Nah ada beberapa faktor yang secara umum bisa menyebabkan masalah stick drift yang kita pakai.

1. Debu dan kotoran

Debu yang menumpuk di sekitar analog stick seringkali bisa mempengaruhi sistem sensor pada gamepad, sehingga hal tersebut bisa menimbulkan kondisi stick drift ini.

Kotoran yang menempel di dalam mekanisme stick dapat menghalangi gerakan dan membuatnya menjadi tidak akurat.

2. Komponen aus

Penggunaan gamepad yang terlalu intens dalam waktu yang lama tentu dapat membuat komponen internal yang ada didalamnya seperti potensiometer pada stick menjadi aus atau longgar.

Sehingga jika dibiarkan dan terus menerus digunakan, maka bagian analog stick umumnya tidak akan bekerja dengan optimal.

3. Tekanan atau benturan berlebih

Jika gamepad yang kita gunakan sering mengalami jatuh atau terkena benturan keras, maka kemungkinan besar hal ini bisa mengakibatkan komponen internal bisa terganggu, dan pada akhirnya dapat menyebabkan stick drift.

4. Kelembaban atau cairan

Cairan yang masuk ke dalam gamepad meski itu dalam jumlah yang sedikit, seperti misalnya tetesan keringat atau bahkan minuman, hal ini bila sering terjadi maka bisa merusak bagian sensor yang ada di dalamnya dan dapat memicu stick drift.

Cara Mengatasi Stick Drift

Nah setelah kita mengetahui beberapa penyebab dari stick yang mengalami drifting ini, maka sekarang kita masuk ke inti pembahasan, yaitu cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Membersihkan Analog Stick

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan cara membersihkan area di sekitar stick. Kita bisa menggunakan alat sejenis compressed air (udara bertekanan) atau bisa juga dengan memakai kain lembut yang sebelumnya sudah dibasahi sedikit dengan menggunakan alkohol isopropil.

Semprotkan udara bertekanan di sekitar stick untuk menghilangkan debu atau partikel kecil yang mungkin terselip. Sementara jika kita menggunakan kain, pastikan kain tersebut jangan terlalu basah, agar tidak ada cairan yang masuk ke dalam bagian gamepad.

Nah setelah selesai dibersihkan, coba gerakkan analog stick secara perlahan ke segala arah untuk memastikan kotoran tidak lagi mengganggu.

Hal ini merupakan solusi paling sederhana, namun cukup ampuh untuk mengatasi stick drift jika masalahnya disebabkan oleh kotoran atau debu yang menempel.

2. Kalibrasi Ulang Gamepad

Sebagian besar console game modern saat ini termasuk dari brand third party biasanya sudah dibekali dengan fitur kalibrasi gamepad secara manual.

Jika kita mengalami stick drift, cobalah untuk mengkalibrasi ulang stick melalui pengaturan console yang telah disediakan.

Cara untuk mengkalibrasi tentu bisa berbeda-beda tergantung pada jenis console game maupun merk stick lain yang kita gunakan.

Tetapi umumnya proses untuk melakukan kalibrasi ulang, bisa ditemukan pada menu pengaturan perangkat atau controller.

Proses ini akan membantu memperbaiki masalah sinyal dan memperbarui posisi default dari analog stick.

3. Gunakan Contact Cleaner

Contact cleaner adalah cairan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan dan juga melumasi komponen elektronik, termasuk perangkat gamepad.

Kita bisa menyemprotkan contact cleaner di sekitar pangkal analog stick, kemudian gerakkan stick beberapa kali agar cairan menyebar ke bagian dalam.

Pastikan saja agar kita menggunakan jenis contact cleaner yang aman untuk perangkat elektronik dan tentu tidak merusak pada material plastik yang ada pada gamepad.

4. Ganti Modul Analog Stick

Jika metode pembersihan tidak berhasil, maka kemungkinan besar masalah terletak pada kerusakan komponen internal.

Dalam hal ini kita perlu mengganti modul analog stick dengan membeli part yang baru.

Proses ini mungkin akan memerlukan keterampilan teknis, karena kita harus membuka gamepad dan mengganti komponen rusak yang ada di dalamnya. Terkecuali jika kita memakai jenis gamepad modular yang biasanya dengan mudah bisa dilepas pasang.

Nah jika kita memang merasa tidak yakin untuk melakukannya sendiri, maka lebih baik kita bisa membawa gamepad tersebut ke teknisi profesional untuk segera diperbaiki.

5. Hindari Tekanan Berlebih pada Stick

Jika kita memiliki gamepad yang masih bagus, dan untuk mencegah terjadinya stick drift di masa depan, maka ada baiknya kita menghindari untuk menekan atau menarik stick dengan terlalu keras saat sedang bermain game.

Terlebih untuk judul game tertentu, yang biasanya membutuhkan mekanik penekanan analog dengan lebih intens.

Penggunaan yang terlalu kasar tentu saja bisa mempercepat kerusakan komponen pada bagian internal, sehingga hal ini akan lebih rentan munculnya masalah stick drift.

6. Gunakan Penutup Stick

Salah satu cara lain untuk mencegah stick drift adalah dengan menggunakan penutup stick atau analog cap.

Aksesori ini selain bisa melindungi stick dari debu dan kotoran, juga sekaligus bisa memberikan grip yang lebih baik saat bermain. Sehingga kita akan lebih nyaman dan presisi saat mengarahkan karakter objek yang sedang dimainkan.

Kapan Sebaiknya Mengganti Gamepad?

Jika semua langkah di atas ternyata tidak ada yang berhasil sama sekali, dan stick yang kita pakai masih mengalami gejala drifting.

Maka hal ini mengindikasikan bahwa sudah saatnya kita mempertimbangkan untuk mengganti gamepad dengan yang baru.

Komponen internal yang sudah terlalu aus atau rusak terkadang akan sulit untuk diperbaiki, dan biaya perbaikan bisa jadi tidak sebanding dengan harga gamepad yang baru.

Kesimpulan

Kondisi stick drifting pada gamepad memang merupakan salah satu masalah yang kerap terjadi dan sering membuat kita para gamer menjadi frustasi

Tetapi hal ini bukan berarti tidak bisa diselesaikan, melainkan ada banyak cara yang bisa kita coba untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Selain itu, menjaga gamepad agar tetap bersih dan digunakan dengan hati-hati tentu saja dapat mencegah terjadinya stick drift dikemudian hari.

Dan akhir kata, semoga tips di atas bisa membantu kita dalam mengatasi masalah stick drift pada gamepad console!

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.