Home
Blog
Internet
SEO
Tips
Fungsi Pengaturan Feed Situs Blogger, Baiknya Pilih Mana?

Fungsi Pengaturan Feed Situs Blogger, Baiknya Pilih Mana?


Saat kita mengelola blog di platform seperti Blogger, maka salah satu fitur yang perlu kita pahami dengan baik yaitu berupa feed situs. Feed ini merupakan salah satu cara agar konten artikel yang kita buat bisa lebih mudah untuk diakses oleh pengunjung atau para pembaca setia blog.

Namun diantara kita para blogger, terkadang masih banyak yang belum paham betul mengenai fungsi dari feed ini, termasuk pengaturan mana yang paling cocok untuk blog kita.

Apa Itu Feed Situs di Blogger?
Secara sederhana feed situs atau sering disebut sebagai RSS Feed, boleh dibilang merupakan alat yang memudahkan pembaca untuk mendapatkan update terbaru dari blog kita tanpa harus mengunjungi situs secara langsung.

Dimana pembaca yang telah berlangganan feed situs atau menjadi pengikut blog kita agar bisa mendapatkan pemberitahuan melalui aplikasi atau layanan pembaca feed seperti Feedly, Google News, dan sebagainya. Mereka bisa melihat cuplikan atau bahkan seluruh artikel yang kita posting langsung dari layanan tersebut.

Tentu sebagai syarat agar fitur ini bisa aktif dengan platform lain seperti google news atau feedly, maka kita harus mendaftar akun di situs tersebut terlebih dahulu, lalu setelah itu baru bisa diintegrasikan dengan blog milik kita.

Adapun fungsi utama dari feed sendiri adalah untuk mempermudah pembaca atau pengunjung blog dalam mengikuti konten artikel yang diposting di situs kita. Bagi blogger, feed juga bisa meningkatkan jangkauan pembaca karena orang-orang bisa tetap terhubung dengan konten kita tanpa harus datang langsung ke situs.

Perbedaan Pengaturan Feed di Blogger

Nah di platform Blogger sendiri, pada menu "Izinkan Feed Blog" yang ada di Menu Setelan Dashboard terdapat beberapa opsi pengaturan feed yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan kita. Adapun penjelasan lebih lanjut dari masing-masing pengaturan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Penuh

Pilihan pertama yaitu ada opsi "Penuh", dimana saat kita memilih opsi ini maka feed akan menampilkan seluruh isi postingan dari blog kita.

Hal ini memungkinkan pengunjung blog yang telah berlangganan bisa membaca seluruh artikel kita langsung dari layanan feed mereka tanpa perlu lagi mengunjungi blog kita.

Bagi kita para blogger yang lebih mementingkan kenyamanan pembaca dan ingin agar kontennya lebih mudah diakses, maka opsi ini bisa dibilang merupakan opsi yang paling tepat untuk dipilih.

2. Sampai Batas Postingan

Opsi kedua ini bisa menampilkan sebagian dari artikel kita, biasanya hanya beberapa kalimat pertama atau sampai batas karakter tertentu saja.

Pembaca atau pengunjung akan mendapatkan cuplikan berupa ringkasan artikel, dan jika mereka tertarik dengan postingannya, maka mereka harus mengunjungi blog kita terlebih dahulu untuk bisa membaca keseluruhan isi artikel.

Opsi ini merupakan pilihan yang baik jika kita memang ingin meningkatkan jumlah kunjungan ke blog.

3. Pendek

Opsi "Pendek" ini sebenarnya hampir sama dengan opsi sampai batas postingan, hanya saja cuplikan yang ditampilkan akan berupa potongan kecil dari artikel, biasanya hanya beberapa baris diawal saja. Berbeda dengan opsi sampai batas postingan yang cuplikannya bisa beberapa kalimat atau sekitar 1 paragraf.

Dengan memilih opsi ini, kita bisa membuat para pembaca menjadi semakin penasaran, apalagi jika kata-kata diawal artikel baris berisi clickbait. Sehingga hal ini memungkinkan bisa membuat pembaca untuk membuka situs kita jika ingin membaca artikel lebih lanjut.

4. Kustom

Jika kita memilih pengaturan "Kustom", maka kita bisa menentukan bagian mana saja dari artikel yang akan ditampilkan di feed. Opsi ini tentu saja dapat memberikan kontrol dan keleluasaan lebih besar kepada kita.

Misalnya saja kita bisa menampilkan bagian pengantar saja atau bisa juga memilih konten tertentu yang ingin disorot di feed, seperti memilih cuplikan artikel yang menurut kita paling menarik.

5. Tidak Ada

Terakhir ada pilihan "Tidak Ada" yang artinya jika kita memilih opsi ini, maka feed situs akan di non-aktifkan.

Pembaca tidak akan bisa mendapatkan pembaruan otomatis dari blog kita. Opsi ini bisa dipilih jika kita memang tidak ingin konten dari blog kita diakses melalui layanan feed, meskipun umumnya ini jarang direkomendasikan karena bisa mengurangi kenyamanan pembaca.

Rekomendasi Setting Feed Terbaik

Setelah menjelaskan masing-masing dari fungsi pilihan feed situs yang ada, lalu di antara kelima opsi tadi mana yang sebaiknya kita pilih? Jawabannya tentu saja tergantung pada apa yang kita prioritaskan untuk blog kita.

Jika kita ingin meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke blog, maka memilih pengaturan "Sampai Batas Postingan" atau "Pendek" boleh dibilang merupakan opsi yang paling tepat.

Dengan cuplikan artikel yang ditampilkan sebagian, hal itu bisa membuat pembaca akan merasa penasaran dan tertarik untuk mengunjungi blog kita guna membaca artikel lengkapnya. Hal ini tentu saja bisa sekaligus membantu meningkatkan traffic blog secara alami.

Lalu jika tujuan utama kita adalah membuat pembaca lebih nyaman dalam mengakses konten, maka opsi "Penuh" mungkin akan lebih cocok untuk dipilih. Dengan opsi ini, pembaca bisa membaca seluruh artikel kita langsung dari layanan feed mereka tanpa harus bolak-balik membuka browser.

Lalu untuk opsi "Kustom" cocok jika kita ingin lebih selektif dalam menampilkan konten di feed. Misalnya, kita bisa menampilkan pengantar artikel atau bagian highlight tertentu yang menurut kita paling baik dan bisa menarik perhatian pembaca.

Sementara untuk opsi "Tidak Ada" merupakan opsi yang boleh dibilang tidak disarankan untuk dipilih saat mengaktifkan fitur feed, kecuali jika kita punya alasan khusus untuk tidak menyediakan feed.

Sebab kebanyakan blog akan lebih diuntungkan dari feed karena bisa memperluas jangkauan pembaca.

Penutup dan Kesimpulan

Feed situs di Blogger pada dasarnya merupakan fitur yang sangat berguna untuk membantu pembaca tetap bisa terhubung dengan blog kita. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita mengaktifkan fitur feed ini.

Adapun dengan kita mengetahui perbedaan antara pengaturan feed yang ada, maka diharapkan kita bisa menyesuaikan strategi berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, apakah itu untuk meningkatkan traffic atau memprioritaskan kenyamanan pembaca.

Secara umum, opsi "Sampai Batas Postingan" merupakan pilihan yang paling seimbang baik untuk banyak blogger, karena dapat memberikan cuplikan konten yang menarik namun tetap bisa mengundang pembaca/pengunjung blog untuk datang ke situs kita.

Jadi selalu pastikan saja untuk kita memilih pengaturan feed yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, agar bisa memaksimalkan potensi dan menjangkau lebih banyak pembaca dan pengunjung blog.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.