Home
Hardware
Komputer
Teknologi
Ciri-ciri dan Gejala Jika Power Supply (PSU) PC Mulai Rusak

Ciri-ciri dan Gejala Jika Power Supply (PSU) PC Mulai Rusak

power supply seasonic

Power Supply Unit (PSU) merupakan salah satu komponen penting pada PC yang sering kali kurang mendapat perhatian dari penggunanya.

Padahal komponen PSU bertugas memberikan sumber daya listrik keseluruh komponen pada PC komputer, baik itu motherboard, CPU, GPU, storage penyimpanan, dan juga part lainnya.

Sehingga tanpa adanya komponen penyuplai satu ini, bisa dibilang perangkat PC desktop kita tidak mungkin akan menyala.

Nah jika PSU mulai bermasalah, hal ini tentu saja bisa menyebabkan berbagai gejala yang bisa mempengaruhi kinerja PC kita secara keseluruhan. Bahkan tidak jarang, masalah yang awalnya hanya ada pada part komponen PSU saja, kemudian bisa merembet pada komponen lainnya dan berujung pada komponen tersebut yang ikut rusak juga.

Oleh karena itu agar masalah seperti itu tidak terjadi, maka sebaiknya kita berjaga-jaga, dan salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengenali gejala atau ciri-ciri jika suatu komponen PSU itu mulai rusak.

Tujuannya tentu saja agar kita bisa mengambil tindakan sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, terutama untuk komponen PC yang lain.

Tanda dan Gejala Komponen Power Supply Komputer Bermasalah

Jika PSU memang mengalami masalah tertentu dengan kinerja yang tidak normal, maka biasanya akan muncul beberapa indikasi yang secara umum mungkin akan terjadi pada komponen tersebut.

1. PC Sering Mati Mendadak

Salah satu gejala paling umum saat PSU yang kita pakai mulai rusak, yaitu PC tersebut biasanya akan sering mati secara tiba-tiba tanpa peringatan apapun alias 'ngejepret'. Hal ini bisa terjadi karena PSU tidak mampu memberikan daya yang stabil atau cukup untuk menjalankan seluruh komponen.

Jika kita mengalami hal ini ketika kita menjalankan software di PC atau saat sedang bermain game, kemungkinan besar PSU tersebut sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Selain itu, masalah seperti ini bisa terjadi juga ketika kita menambahkan komponen baru seperti GPU yang membutuhkan daya watt lebih besar, namun PSU yang dipakai memang tidak dapat mengimbanginya, sehingga terjadilah kondisi 'ngejepret' ini.

2. PC Tidak Menyala atau Sulit Dinyalakan

Jika PSU mulai bermasalah, kita mungkin akan mengalami kesulitan untuk menyalakan PC. Bahkan terkadang, kita perlu menekan tombol power beberapa kali terlebih dahulu sebelum PC bisa benar-benar menyala dengan normal.

Mungkin juga dalam kasus yang lebih parah, PC sama sekali tidak menyala meskipun komponen lain dalam kondisi yang baik. Hal seperti ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa PSU yang dipakai sudah tidak mampu menyediakan daya yang cukup untuk menyalakan sistem komputer secara keseluruhan.

3. Blue Screen of Death (BSOD) atau Error Lainnya

Blue Screen of Death (BSOD) atau kondisi dimana layar berubah menjadi tampilan warna biru yang muncul secara tiba-tiba, hal tersebut juga bisa menjadi tanda jika Power supply yang kita gunakan sedang bermasalah.

Meskipun BSOD ini sering dikaitkan dengan beberapa masalah pada hardware atau software lain, namun komponen PSU yang tidak stabil juga bisa menjadi pemicu penyebabnya masalah ini.

Jika kita sering mengalami kondisi BSOD secara berulang tanpa alasan yang jelas, maka sebaiknya kita periksa kondisi PSU sebagai langkah awal. Bisa jadi masalahnya terdapat pada komponen tersebut. 

4. Kipas PSU atau Komponen Lain Tidak Berfungsi Normal

Ciri lain yang mudah dikenali yaitu saat kipas pada PSU atau kipas pendingin lain dalam sistem komputer kita yang tidak berputar dengan normal seperti biasanya.

PSU yang baik akan menjaga agar fan cooling tetap berputar untuk mendinginkan setiap komponen. Namun, jika kita mendengar suara kipas yang aneh, kipas berhenti berputar, atau kipas hanya berfungsi sebentar, ini bisa menjadi tanda jika PSU mengalami masalah.

Selain itu, kondisi overheating atau panas berlebih pada PSU yang seringkali terjadi juga dapat menyebabkan komponen internalnya bisa mengalami kerusakan lebih cepat.

5. Kebisingan yang Tidak Biasa

PSU yang mulai rusak sering kali akan menghasilkan suara-suara yang tidak biasa seperti bunyi dengungan atau bunyi berderak.

Suara semacam ini bisa berasal dari kipas PSU yang tidak bekerja dengan baik atau bisa juga berasal dari komponen internal lain yang mengalami kerusakan.

Jika kita mendengar suara-suara yang tidak normal dari PSU, maka ada baiknya untuk kita segera memeriksa kondisi PSU sebelum masalah menjadi lebih serius.

6. PC Restart Sendiri

Selain sistem yang mati mendadak, tanda lain yang sering muncul adalah PC yang tiba-tiba restart sendiri tanpa alasan yang jelas. Hal ini bisa terjadi saat PSU tidak dapat menyediakan daya yang stabil atau ketika tegangan listrik yang disalurkan tidak konsisten.

Jika masalah ini sering terjadi berulang kali, hal tersebut bisa jadi merupakan indikasi jika PSU mulai gagal berfungsi dengan baik.

7. Bau Terbakar atau Asap

Tanda yang paling jelas bahwa PSU sedang dalam kondisi kritis adalah munculnya bau terbakar atau asap dari arah PSU. Jika kita mengalami hal ini, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu segera mematikan PC dan cabut kabel daya dari sumber listrik.

Bau terbakar atau asap yang muncul bisa menandakan bahwa ada komponen di dalam PSU yang rusak atau meleleh akibat overheating atau juga karena terjadi korsleting. Kondisi ini tentu saja bisa sangat berbahaya jika dibiarkan saja, karena hal tersebut dapat berpotensi untuk merusak komponen lain atau bahkan menyebabkan kebakaran.

8. Tegangan Tidak Stabil

PSU yang baik akan memberikan tegangan yang stabil sesuai kebutuhan komponen. Namun, jika PSU mulai rusak, tegangan yang disalurkan bisa menjadi tidak stabil dan menyebabkan komponen seperti hard drive atau SSD sering error, data corrupt, atau bahkan gagal booting.

Nah untuk memeriksa tegangan PSU, kita bisa mencoba untuk menggunakan software atau alat pengukur tertentu yang bertujuan untuk memonitoring tegangan daya listrik yang mengalir. Jika tegangan yang dihasilkan oleh PSU tidak sesuai dengan spesifikasi, maka kemungkinan besar bahwa PSU tersebut harus segera diganti.


Nah itulah beberapa kondisi yang sering terjadi jika komponen pada power supply pc mengalami gejala kerusakan. Ciri-ciri PSU seperti ini tentu sangat penting untuk diketahui, tujuannya agar kita bisa mencegah kerusakan lebih lanjut pada PC kita.

Jika kita mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan pada PSU dan jika sudah dianggap tidak layak kita bisa menggantinya dengan yang baru sebelum komponen lain ikut terdampak.

Dan yang perlu diingat, bahwa PSU merupakan sumber daya utama bagi seluruh sistem komputer. Sehingga dengan kita memastikan PSU sudah bekerja dengan baik dan normal, maka hal tersebut merupakan salah satu cara pencegahan yang penting untuk menjaga kesehatan PC kita.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.