Home
Aplikasi
Tips dan Tutorial
Cara Save Video dan Foto yang Tidak Bisa Disave di Telegram

Cara Save Video dan Foto yang Tidak Bisa Disave di Telegram

Logo Aplikasi Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang sering digunakan oleh banyak orang karena fitur-fiturnya yang memang terbilang cukup lengkap. Salah satunya yaitu kemampuan platform chatting ini untuk mengirim berbagai jenis file berukuran sangat besar, baik itu dalam bentuk video maupun foto berkualitas tinggi.

Namun meski aplikasi telegram menghendaki kita untuk menyimpan banyak jenis file, tapi ada beberapa batasan dimana file yang disetting oleh pengirim memungkinkan untuk tidak bisa diunduh atau disimpan secara otomatis ke perangkat kita.

Hal ini bisa terjadi karena aplikasi telegram terkadang menyimpan file-file di direktori yang tidak terlihat oleh galeri atau pengelola file default di perangkat kita. Atau bisa juga terkait dengan pengaturan pengguna yang sudah di private, sehingga file yang dikirim tersebut tidak bisa kita save maupun di download.

Nah namun jangan khawatir, karena sebenarnya ada cara mudah dan praktis yang bisa kita lakukan untuk menyimpan video dan foto tersebut meski tidak bisa disave secara langsung.

Cara Download Video atau Foto di Telegram yang Tidak Bisa Disave

Adapun untuk bisa menjalankan tutorial ini, kita bisa memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga. Aplikasi ini bisa menyimpan semua file di Telegram termasuk file foto dan video yang tidak bisa diunduh sekalipun.

Dan untuk mengetahui langkah-langkahnya, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini.

1. Langkah pertama kita cukup download dan install aplikasi bernama "Files" yang bisa didapatkan di layanan Playstore.

aplikasi untuk download video foto di telegram

2. Setelah itu lalu kita buka Aplikasi tersebut > selanjutnya pilih folder "Android" > lalu pilih "Data" > pilih "org.telegram.messenger" (biasanya menu ini ada dibagian paling bawah) > pilih "Files" > kemudian pilih "Telegram".

3. Selanjutnya kita bisa pilih folder "Telegram Image" jika kita ingin download file foto dan bisa pilih folder "Telegram Video" jika kita ingin download file video.

4. Setelah itu akan muncul banyak file foto maupun video.

Lalu untuk bisa menyimpan file tersebut, caranya yaitu dengan memilih file yang ingin disimpan lalu tahan file tersebut beberapa detik hingga muncul tanda centang (Disini kita bisa menyimpan banyak file sekaligus dengan mencentang beberapa foto atau video yang ingin di download.

pilih menu tiga titik vertikal di aplikasi files

5. Setelah file dipilih, lalu tekan ikon tiga titik vertikal yang ada di sudut kanan atas layar > kemudian pilih menu "Salin ke...".

6. Selanjutnya pilih folder dimana kita ingin menyimpan file tersebut (sebagai contoh disini kita pilih folder TELEGRAM VP). Atau bisa juga dengan membuat folder baru, dengan cara memilih icon folder dengan simbol tambah yang ada dibagian atas.

buat folder di aplikasi files

7. Setelah memilih folder tujuan, langkah terakhir kita bisa pilih "Salin" dan file pun akan langsung terunduh secara otomatis di folder yang telah dipilih tadi.

Lalu untuk melihat filenya kita bisa membuka menu Galeri maupun via File Manager di perangkat smartphone.


Nah demikianlah cara mudah untuk menyimpan video dan foto yang tidak bisa disave langsung dari Aplikasi Telegram menggunakan aplikasi Files. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa dengan mudah mengunduh berbagai file penting dari Telegram tanpa kendala lagi meskipun file tersebut telah di private.

Selain itu, kita juga bisa terus menggunakan aplikasi Files ini untuk keperluan lain, misalnya saja seperti untuk mengatur penyimpanan internal di perangkat smartphone dengan lebih mudah layaknya fitur file manager bawaan.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.