Home
Microsoft Office
Tips dan Tutorial
Tutorial
Cara Membuat Background Watermark di Microsoft Word

Cara Membuat Background Watermark di Microsoft Word

watermark do not copy

Saat kita bekerja dengan menggunakan program Microsoft Word, sering kali kita perlu memasukkan beberapa elemen tambahan yang berfungsi untuk membuat dokumen dapat terlihat lebih profesional dan juga melindungi isi dari penyalahgunaan.

Salah satu cara yang sering digunakan yaitu dengan menambahkan penanda berupa Watermark (WM) sebagai background pada lembar dokumen kerja kita. Tanda ini biasanya bisa berupa teks atau bisa juga berupa gambar transparan yang ditempatkan di belakang teks utama pada setiap halaman.

Watermark ini sering digunakan untuk menandai dokumen sebagai draft, confidential, atau untuk keperluan branding dengan memakaikan logo perusahaan untuk melindungi dokumen dari penyalahgunaan atau klaim hak cipta.

Singkatnya dengan ditambahkan watermark ini, maka file dokumen bisa terlihat lebih profesional, terutama jika dokumen tersebut akan dibagikan kepada klien atau pihak eksternal seperti dalam penandatanganan berkas Memorandum of Understanding (MOU) atau jenis perjanjian lainnya.

Cara Membuat Watermark pada Background Halaman di Microsoft Word

1. Langkah pertama kita buka file Microsoft Word yang ingin ditambahkan watermark. Jika belum punya dokumen, maka kita bisa membuat dokumen baru terlebih dahulu.

2. Selanjutnya kita pilih menu Design pada menu bar yang ada dibagian atas. Nah jika kita menggunakan Ms. Word versi lebih lama kita bisa masuk ke menu Page Layout.

3. Jika sudah lalu pilih opsi 'Watermark' (icon kertas huruf A) dibagian kanan atas. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan tulisan watermark bawaan yang bisa dipilih, yaitu ada "Confidential" atau "Do Not Copy".

surat perjanjian kerjasama dengan watermark

Namun jika kita ingin menggunakan teks lain, bahkan berupa gambar atau logo tertentu, maka kita bisa memilih opsi 'Custom Watermark'.

4. Jika kita memilih mode custom, maka akan muncul menu baru dimana kita bisa memilih jenis watermark yang ingin kita buat. Pada menu tersebut ada dua opsi yang bisa kita pakai.

- Text Watermark, Jika kita memilih opsi ini, kita bisa membuat watermark dalam bentuk teks sesuai dengan keinginan kita. Misalnya, kita bisa menulis kata "Rahasia", "Dokumen Pribadi", atau bisa juga nama sekolah, nama instansi, maupun nama perusahaan kita.

Disini kita juga bisa mengatur jenis font yang dipakai, ukuran dan juga warna, serta orientasi teks ingin vertikal atau horizontal.

- Picture Watermark, Jika kita ingin menggunakan WM berupa gambar atau logo tertentu kita bisa memilih opsi ini.

Caranya cukup pilih 'Picture watermark' > pilih 'Select picture' > pilih 'From a file' > baru setelah itu kita pilih gambar yang sudah kita siapkan sebelumnya, misal logo kampus atau logo perusahaan tertentu.

menu printed watermark

Jangan lupa centang opsi 'Washout' agar gambar terlihat lebih transparan dan tidak mengganggu teks tulisan yang ada dibagian depan. Namun jika watermark ingin terlihat berwarna seperti aslinya, maka kita bisa menghapus centang pada opsi 'Washout' tadi.

Sementara untuk mengubah ukuran kita bisa memilih opsi 'Scale' > lalu ubah sesuai keinginan, ada opsi 50%, 100%, 200%, atau auto. Disarankan agar gambar lebih proporsional, sebaiknya kita memilih auto saja.

5. Selanjutnya langkah terakhir untuk menerapkan custom watermark kita bisa memilih opsi 'Apply' maupun 'OK'.

Hingga langkah diatas, maka cara untuk membuat penanda watermark di halaman kerja Microsoft Word pun telah selesai dilakukan.

Cara Menghapus Watermark di Microsoft Word.

Nah untuk menghapus WM yang sudah dipasang, sebenarnya kita bisa menekan tombol Undo (CTRL + Z) pada keyboard. Namun jika tidak bisa, kita bisa menghapusnya secara manual.

Caranya Cukup kembali ke tab 'Design' atau 'Page Layout' > lalu pilih opsi 'Watermark' > kemudian pilih 'Remove Watermark' untuk menghapusnya.

Nah demikianlah artikel kali ini tentang cara menambahkan watermark di halaman Ms. Word. Cara ini tentu sangat berguna untuk berbagai keperluan, seperti untuk menandai dokumen, branding merk, maupun untuk perlindungan hak cipta.

Akhir kata semoga postingan ini bisa bermanfaat, dan dengan mengikuti langkah-langkah di atas diharapkan kita bisa membuat dokumen yang lebih profesional dan juga lebih aman.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.