Home
Fintech
Keuangan
Tips dan Tutorial
Tutorial
Cara Bayar Virtual Account Bank Syariah Indonesia via ATM

Cara Bayar Virtual Account Bank Syariah Indonesia via ATM


Bayar tagihan atau transaksi menggunakan virtual account (VA) saat ini memang semakin mudah berkat hadirnya berbagai layanan dari perbankan. Adapun diantara jenis layanan yang ada itu, salah satunya adalah layanan dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang memungkinkan kita melakukan pembayaran VA langsung melalui ATM.

Apa itu Virtual Account?
Sebelum masuk ke cara bayar, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengenai apa itu virtual account. Jadi istilah virtual account ini secara sederhana dapat diartikan sebagai nomor rekening sementara yang diberikan oleh pihak bank untuk dapat menerima pembayaran tertentu.

Nomor VA tersebut biasanya bisa digunakan untuk membayar beberapa jenis transaksi seperti untuk tagihan belanja online, pembayaran sekolah/kuliah, hingga berbagai jenis transaksi lainnya.

Selain itu, nomor Virtual account ini bersifat unik, dimana setiap pelanggan atau dalam setiap transaksi akan selalu mendapatkan nomor yang berbeda.

Nah untuk kita yang ingin tahu bagaimana cara bayar virtual account BSI lewat ATM, berikut ini merupakan panduan lengkap yang bisa kita ikuti dengan mudah dan praktis.

Cara Melakukan Pembayaran Virtual Account BSI Melalui ATM

Oh ya cara ini tentu saja dilakukan langsung melalui ATM BSI sendiri. Jadi jika menggunakan mesin ATM dari bank lain, seperti Mandiri, BCA, BRI, dll, kemungkinan besar caranya akan berbeda dan akan menyesuaikan tergantung mesin ATM dari masing-masing Bank.    

1. Langkah pertama kita masukkan kartu ATM BSI ke mesin ATM.

2. Setelah itu lalu masukkan nomor PIN, kemudian pilih Bahasa Indonesia.

3. Pilih menu "pembelian/pembayaran".

4. Selanjutnya pilih menu "institusi".

5. Masukkan nomor Virtual Account yang sebelumnya telah kita dapatkan.

6. Cek dan pastikan kembali informasi data sudah benar, seperti nama penerima atau nama merchant serta jumlah tagihan yang harus dibayar.

7. Terakhir konfirmasi transaksi dan dapatkan struk bukti pembayaran.

Hingga langkah-langkah diatas, maka proses pembayaran virtual account melalui ATM BSI pun telah berhasil dilakukan dengan mudah dan cepat.

Tips Penting Saat Melakukan Pembayaran Virtual Account

Sebagai informasi tambahan saja, agar proses pembayaran virtual account lewat BSI ini dapat berjalan dengan lancar dan tidak salah, maka ada baiknya kita mengikuti beberapa tips berikut.

1. Pastikan Nomor Virtual Account Benar

Sebelum memasukkan nomor virtual account, pastikan kita telah mendapatkan nomor pembayaran yang benar dari merchant atau pihak yang memberikan nomor tersebut. Sebab kesalahan saat kita memasukkan nomor bisa membuat proses pembayaran tidak sampai ke tujuan.

2. Jangan Lupa Simpan Bukti Pembayaran

Meskipun sebagian besar sistem sudah mencatat transaksi secara otomatis, akan tetapi sangat disarankan agar kita menyimpan bukti pembayaran karena penting sebagai tanda transaksi berhasil. Hal ini sekaligus bisa berguna bagi kita jika pihak penerima ingin meminta konfirmasi bukti transaksi pembayaran di kemudian hari.

3. Periksa Saldo Sebelum Transaksi

Sebelum melakukan pembayaran, ada baiknya kita pastikan saldo di rekening terlebih dahulu apakah sudah mencukupi untuk membayar tagihan atau tidak. Jika saldo memang tidak cukup, maka transaksi tentu saja akan gagal dan proses pembayaran tidak akan berlanjut.

4. Jangan Bagikan Informasi PIN kepada Siapapun

Nah agar kita selalu aman, maka pastikan untuk menjaga kerahasiaan dari nomor PIN ATM. Jangan pernah membagikan kode PIN tersebut kepada siapapun, dan pastikan juga tidak ada orang lain yang melihat saat kita memasukkannya di mesin ATM.


Pembayaran virtual account BSI via ATM tentu sangat mudah dilakukan asalkan kita mengikuti langkah-langkah yang benar. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa membayar berbagai jenis tagihan dengan lebih cepat tanpa perlu repot harus menyiapkan uang cash.

Namun yang paling penting dari semuanya, terutama saat sedang bertransaksi yaitu agar kita selalu memastikan bahwa nomor virtual account, nama penerima, dan jumlah tagihan tersebut sudah benar sebelum melakukan konfirmasi pembayaran.

Hal tersebut tentu saja bertujuan agar tidak salah kirim dan uang dapat masuk ke nomor rekening penerima yang seharusnya.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.