Home
Properti
Beda Istilah Cluster, Regency, dan Residence di Perumahan Modern

Beda Istilah Cluster, Regency, dan Residence di Perumahan Modern


Saat ini memang sudah banyak pengembang perumahan yang menawarkan berbagai jenis hunian dengan istilah yang sering kita dengar, misalnya seperti kata cluster, regency, dan juga residence.

Bagi beberapa orang, istilah-istilah ini mungkin sedikit membingungkan karena namanya mungkin terlihat mirip karena merujuk pada kompleks perumahan modern.

Namun dari ketiga istilah tersebut sebenarnya memiliki karakteristik yang berbeda, baik itu dari segi konsep, desain, maupun fasilitas yang ditawarkan.

Inilah Bedanya Konsep Perumahan Residence, Regency dan Cluster

Nah adapun pada kesempatan kali ini kita akan coba untuk membahas mengenai apa sih perbedaan antara cluster, regency, dan juga residence pada perumahan modern yang sering kita jumpai. Lalu apa saja perbedaannya, mari langsung kita simak saja pada penjelasan berikut ini.

1. Apa itu Cluster?

Cluster boleh dibilang merupakan satu istilah yang paling sering kita temui dalam konteks dunia perumahan modern jika dibandingkan kedua istilah lain yang nanti akan dibahas.

Secara sederhana, kata cluster adalah suatu kawasan perumahan atau kompleks perumahan yang terdiri dari beberapa unit rumah yang dikelompokkan dalam satu wilayah tertentu dengan konsep yang cukup terbatas. Biasanya, perumahan jenis cluster ini akan memiliki jumlah rumah yang tidak terlalu banyak, dan setiap rumah yang ada di dalamnya didesain dengan gaya yang seragam atau hampir sama.

Ciri utama yang biasanya ada pada kompleks cluster yaitu pemberlakuan sistem keamanan yang lebih terjaga, karena hanya ada satu atau dua akses keluar masuk. Dimana hal tersebut tentu saja dapat memudahkan sistem keamanan.

Adapun sistem keamanan yang ada ini, misalnya saja seperti portal gerbang otomatis atau penjagaan satpam, untuk memantau siapa yang keluar masuk. Selain itu, lingkungan di cluster cenderung lebih eksklusif dan privat karena hanya diperuntukkan bagi penghuni dan juga tamu saja. Sehingga bagi orang yang memang tidak memiliki kepentingan akan dilarang masuk. 

Fasilitas yang ditawarkan pada cluster umumnya akan berfokus pada kenyamanan keluarga, seperti taman kecil, playground untuk anak-anak, hingga jogging track lari. Meski begitu, cluster biasanya tidak menawarkan fasilitas umum yang terlalu lengkap seperti yang ditemukan pada perumahan dengan konsep regency.

2. Apa Itu Regency?

Istilah regency sendiri sebenarnya merujuk pada kawasan perumahan yang secara umum memiliki lahan yang lebih luas jika dibandingkan dengan konsep cluster.

Di dalam regency, rumah-rumah yang ada dimungkinkan bisa bervariasi dari segi desain maupun ukurannya. Dengan kata lain, ada lebih banyak pilihan tipe rumah yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan bagi calon pembeli. Ditambah lagi, kawasan regency juga sering kali menawarkan rumah dengan desain yang lebih mewah serta premium.

Selain itu, regency cenderung memiliki fasilitas umum yang jauh lebih lengkap dibandingkan tipe cluster. Biasanya, dalam kawasan regency akan terdapat fasilitas umum seperti kolam renang, gym, lapangan olahraga, clubhouse, hingga taman bermain yang memiliki area jauh lebih luas.

Hal ini tentu saja membuat kompleks tipe regency lebih cocok untuk dihuni oleh keluarga besar atau mereka yang mencari lingkungan perumahan dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Keamanan di regency pun tidak kalah ketat, biasanya ada lebih banyak pos keamanan di setiap sudut area perumahan. Namun akses masuk mungkin cenderung lebih terbuka dibandingkan cluster, meski hal ini bisa juga tergantung dari kebijakan pengembang sendiri.

Intinya kawasan regency seringkali dirancang untuk dapat menyerupai kota kecil dengan berbagai penunjang fasilitas yang ada di dalamnya. Sehingga penghuni bisa menjalankan kegiatan sehari-hari tanpa perlu jauh-jauh keluar area perumahan untuk mengakses fasilitas publik.

3. Apa Itu Residence?

Residence merupakan istilah yang seringkali digunakan untuk menggambarkan perumahan modern yang memiliki konsep hunian jauh lebih premium atau lebih mewah dari kedua istilah yang sudah kita bahas diatas.

Biasanya, perumahan dengan embel-embel residence akan menawarkan hunian dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan cluster atau regency. Dimana desain rumah di residence biasanya sangat eksklusif, dengan ukuran rumah yang besar dan juga fasilitas di dalam rumah yang lengkap.

Perumahan residence seringkali menawarkan fasilitas pribadi untuk setiap rumah, misalnya saja seperti kolam renang pribadi, halaman luas, hingga fasilitas hiburan di dalam rumah.

Meskipun begitu, residence juga seringkali dilengkapi juga dengan fasilitas umum lainnya yang tidak kalah mewah, seperti lapangan golf, spa, hingga pusat kebugaran premium.

Sementara untuk masalah keamanan, di perumahan residence biasanya akan sangat ketat sekali, bahkan lebih ketat dari cluster maupun regency. Setiap penghuni dan tamu biasanya harus melalui beberapa lapis keamanan sebelum bisa masuk ke dalam kawasan hunian.

Sehingga membuat hunian dengan konsep residence bisa dibilang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan utama bagi mereka yang memang mengutamakan privasi serta kenyamanan tingkat tinggi.

Perbedaan Utama Antara Cluster, Regency, dan Residence

Nah untuk bisa lebih mempermudah kita dalam memahami perbedaan diantara ketiga istilah tersebut, maka kita bisa melihat dari beberapa penjelasan berikut.

Luas Area, Cluster cenderung lebih kecil dan terbatas, dan regency lebih luas dengan pilihan tipe rumah yang juga lebih beragam. Sementara residence biasanya memiliki rumah-rumah dengan ukuran besar dan luas.

Desain Rumah, Cluster menawarkan desain yang lebih seragam, sedangkan di regency, desain bisa lebih bervariasi. Nah residence akan menawarkan desain hunian yang jauh lebih eksklusif dan lebih mewah lagi.

Fasilitas Pendukung, Cluster biasanya hanya menyediakan fasilitas dasar saja seperti taman dan playground. Regency menawarkan fasilitas lebih lengkap seperti kolam renang dan gym. Sementara itu, untuk residence biasanya memiliki fasilitas premium baik di dalam rumah maupun di area sekitar perumahan.

Keamanan, Ketiga jenis perumahan ini menawarkan tingkat keamanan yang baik, namun residence cenderung memiliki sistem keamanan yang paling ketat.

Harga, Dari fasilitas yang ada, kita bisa mengetahui bahwa cluster biasanya lebih terjangkau, regency menawarkan variasi harga sesuai tipe rumah, sedangkan residence cenderung memiliki harga yang paling mahal.

Penutup dan Kesimpulan

Saat memilih perumahan tentu saja kita perlu memahami perbedaan antara istilah cluster, regency, dan residence, dengan tujuan agar kita dapat menemukan tipe hunian yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan juga preferensi kita.

Setiap jenis perumahan pasti akan menawarkan keunggulannya masing-masing, mulai dari lingkungan yang privat di cluster, fasilitas lengkap di regency, hingga kemewahan dan eksklusivitas di residence. Jadi pilihan tentu ada di tangan kita, mana yang paling cocok dengan gaya hidup dan pastinya budget yang dimiliki.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.