Home
Blog
Internet
Tips
Bagus Mana Komentar Bawaan Blogger, Disqus, FB untuk Blog

Bagus Mana Komentar Bawaan Blogger, Disqus, FB untuk Blog

Tampilan komentar disqus

Salah satu elemen penting namun sering diabaikan oleh para blogger di situs yang mereka kelola yaitu berupa kolom komentar. Padahal, kolom komentar ini boleh dibilang bisa menjadi ruang interaksi yang sangat berharga antara kita sebagai penulis dan juga bagi para pembaca.

Di sanalah pembaca atau pengunjung blog bisa memberikan berbagai respon mereka, baik itu berupa tanggapan, pertanyaan, atau bahkan berbagi pengalaman yang relevan dengan topik yang sudah kita tulis.

Oleh karena itu, pemilihan jenis kolom komentar yang tepat sudah pasti perlu dipertimbangkan, agar blog kita bisa memberikan pengalaman yang lebih baik lagi kepada para pembaca.

Saat ini, ada beberapa jenis kolom komentar yang biasanya sering digunakan terutama untuk platform Blogger. Misalnya saja ada kolom komentar bawaan Blogger, yang umumnya akan memiliki tampilan sederhana dan secara default akan langsung terintegrasi dengan blog kita.

Selanjutnya ada Disqus, yaitu platform komentar dari pihak ketiga yang menghadirkan berbagai macam fitur kustomisasi yang jauh lebih lengkap. Dan yang terakhir, yaitu ada kolom komentar dari platform facebook yang bisa menghubungkan antara blog yang kita miliki dengan media sosial tersebut.

Lalu dari ketiga pilihan diatas tersebut, mana yang paling baik untuk dipasang pada blog kita?

Perbandingan Penggunaan Kolom Komentar pada Blog 

Pada dasarnya setiap platform kolom komentar tentu akan memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Kita bisa memilih dan memasangnya sesuai dengan preferensi serta juga kebutuhan kita sendiri.

Adapun beberapa poin yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan, yaitu seperti cocok tidak dengan template blog yang sedang dipakai, loadingnya cepat atau tidak, serta fitur apa saja yang diberikan, dan lain sebagainya.

Yang jelas banyak sekali poin yang bisa menjadi bahan penilaian kita saat ingin menggunakan salah satu dari jenis kolom komentar yang ada.

Nah maka dari itu, sebelum kita benar-benar memutuskan akan memakai jenis kotak komentar yang mana, maka ada baiknya untuk kita mengetahui keunggulan dan juga kekurangan dari masing-masing platform komentar yang ada tersebut. 

1. Kolom Komentar Bawaan Blogger

Pertama-tama, mari kita mulai dengan kolom komentar bawaan dari Blogger. Sebagai fitur yang sudah langsung terhubung dan tersedia di platform blog, banyak yang menganggap tipe ini sebagai pilihan paling praktis.

Setidaknya ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan saat kita menggunakan jenis kolom komentar bawaan blogger.

Kelebihan

Kolom komentar bawaan Blogger secara umum memang sangat mudah untuk bisa diaktifkan dan bahkan bisa langsung terhubung dengan platform blog itu sendiri.

Jadi kita tidak perlu lagi melakukan proses instalasi tambahan atau mengubah kode HTML, melainkan cukup aktifkan melalui menu settings/pengaturan, maka blog kita pun bisa langsung siap untuk menerima komentar dari pembaca.

Selain itu, salah satu keunggulan terbesar dari kolom komentar bawaan ini, yaitu semua komentar yang tertulis semuanya akan langsung tersimpan di server Blogger. Sehingga hal ini bisa membuat komentar-komentar yang muncul, bisa terindeks dengan lebih cepat oleh mesin pencari seperti Google, yang akhirnya bisa membantu peringkat SEO blog kita.

Ditambah karena merupakan fitur bawaan, maka tampilan kolom komentar ini tentu akan lebih serasi dan cocok dengan banyak desain blog yang dipakai. Sehingga kitapun tidak perlu khawatir soal perubahan visual yang seringkali bisa merusak estetika pada halaman blog.

Lalu hal yang tidak kalah menarik, yaitu adanya sistem moderasi yang memungkinkan kita untuk menyaring komentar yang tidak diinginkan, misalnya saja seperti spam atau komentar tidak relevan yang seringkali dapat mengganggu kenyamanan para pembaca lain.

Sistem moderasi ini umumnya bisa kita atur dibagian menu Setelan yang ada dibagian Dashboard blogger.

Kekurangan

Walaupun terbilang cukup praktis, namun kolom komentar bawaan Blogger umumnya tidak memiliki banyak fitur yang memadai, misalnya saja seperti fitur upvote, downvote, atau integrasi dengan media sosial.

Selain itu, kekurangan lainnya yaitu banyak komentar yang datang dari pengguna anonim, dan ini bisa membuat kolom komentar rentan terhadap spam jika fitur moderasi tidak diaktifkan.

2. Kolom Komentar Disqus

Berikutnya ada Disqus yang dikenal sebagai platform komentar pihak ketiga dengan memiliki fitur-fitur yang cukup canggih. Disqus juga banyak digunakan di berbagai situs besar karena kemampuannya untuk meningkatkan interaksi antara pembaca dan penulis.

Adapun beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan saat memakai platform ini yaitu seperti berikut.

Kelebihan

Pertama Disqus menawarkan berbagai fitur menarik, misalnya saja seperti sistem upvote dan downvote, notifikasi untuk balasan komentar, serta fitur untuk integrasi dengan media seperti gambar atau video. Pengguna juga bisa login menggunakan berbagai akun, seperti Google, Facebook, atau Twitter, sehingga lebih fleksibel.

Selanjutnya fitur notifikasi yang disediakan pada Disqus memungkinkan para pembaca bisa mengetahui jika ada balasan untuk komentar mereka. Hal ini tentu saja bisa membuat diskusi di kolom komentar lebih interaktif dan mendalam.

Disqus juga memiliki sistem moderasi yang lebih canggih jika dibandingkan kolom komentar bawaan Blogger. Dimana kita bisa mengatur filter untuk mencegah spam dan juga memblokir kata-kata atau bahkan pengguna tertentu.

Kekurangan

Meski menawarkan fitur yang tergolong sangat lengkap, namun salah satu kelemahan Disqus yang paling sering dikeluhkan, yaitu performa dari platform tersebut jika dipasang seringkali bisa memperlambat waktu loading halaman blog.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya resource yang digunakan Disqus untuk menampilkan komentar, terutama jika kolom komentar kita sudah banyak diisi pembaca.

Selain itu jika kita menggunakan versi gratis, seringkali Disqus akan menampilkan iklan di kolom komentar. Dimana hal ini mungkin saja bisa sedikit mengganggu untuk pengalaman pembaca blog kita.

3. Kolom Komentar Facebook

Terakhir yaitu ada jenis kolom komentar yang berasal dari platform media sosial Facebook. Boleh dibilang integrasi dengan kolom komentar Facebook ini bisa menjadi pilihan yang menarik, mengingat pengguna medsos tersebut yang sangat banyak.

Selain itu jenis kolom komentar inipun menawarkan beberapa keunggulan yang bisa didapatkan.

Kelebihan

Pertama platform komentar ini memungkinkan identitas orang yang berkomentar di blog kita bisa terverifikasi lebih mudah. Hal ini bisa terjadi karena hanya pengguna yang memiliki akun Facebook yang umumnya bisa meninggalkan komentar.

Sehingga hal tersebut bisa membuat kualitas komentar umumnya lebih baik. Kita juga bisa menghindari komentar anonim yang kerap kali menjadi sumber spam.

Selain itu, setiap komentar yang ditinggalkan pun bisa muncul di feed Facebook pengguna. Hal ini tentu saja bisa memberikan keuntungan bagi blog kita karena berpotensi menjangkau audiens yang jauh lebih luas.

Ditambah banyak orang sudah terbiasa menggunakan kolom komentar Facebook, sehingga ini bisa meningkatkan kenyamanan pembaca dalam berinteraksi karena tampilannya yang sudah cukup familiar untuk digunakan.

Kekurangan

Meski lebih mudah saat digunakan, hanya saja pesan komentar yang ditulis biasanya akan tersimpan di Facebook itu sendiri dan bukan di Blogger. Sehingga hal ini bisa membuat kita bergantung pada kebijakan dan stabilitas platform tersebut. Jika Facebook bermasalah, maka kolom komentar yang ada pada blog kita kemungkinan juga bisa ikut terkena dampaknya.

Lalu sama halnya seperti di platform Disqus, kolom komentar yang ada di Facebook pun tergolong tidak memberikan kontribusi langsung pada SEO karena komentar tidak tersimpan di server blog kita.

Ditambah lagi meski Facebook sangat populer, namun tidak semua orang menggunakan platform media sosial ini. Sehingga hal tersebut bisa membatasi interaksi, terutama bagi mereka yang lebih memilih untuk menjadi anonim.

Penutup dan Kesimpulan

Intinya apapun platform kolom komentar yang kita pakai, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan semua pilihan itu tentu saja akan tergantung sesuai dengan kebutuhan dan tujuan blog kita.

Jika kita mengutamakan kecepatan dan juga pengalaman SEO yang baik, maka kolom komentar bawaan Blogger bisa dibilang merupakan pilihan terbaik.

Namun, jika kita ingin meningkatkan interaksi dengan fitur lebih lengkap, maka Disqus bisa menjadi opsi lain, meski dengan beberapa kekurangan seperti performanya yang terkadang bisa berpengaruh pada kecepatan loading blog.

Sementara untuk kolom komentar Facebook, platform ini cocok bagi kita yang ingin memanfaatkan jangkauan share lebih luas, ditambah sumber viewer blog kita sebelumnya sebagian besar memang berasal dari sini.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.