Home
Gadget
Laptop
Teknologi
Tips
6 Tips Penting Memilih Laptop Tipis, Pilihan Ideal untuk Aktivitas Anda

6 Tips Penting Memilih Laptop Tipis, Pilihan Ideal untuk Aktivitas Anda

ASUS Zenbook 14 OLED UX3405

Laptop dengan dimensi tipis saat ini memang semakin digemari oleh banyak kalangan, karena menawarkan desain yang lebih ringan dan mudah untuk dibawa ke mana saja.

Baik itu untuk bekerja, belajar, atau bahkan untuk kebutuhan hiburan sekalipun, laptop dengan ukuran yang compact memang menjadi pilihan yang sangat praktis dan fleksibel bagi siapapun. 

Namun meski begitu, saat ini sudah banyak pilihan laptop dengan dimensi seperti itu di pasaran. Sehingga saat ingin memilih dan membeli Laptop Tipis, hal tersebut tentu bisa menjadi tantangan tersendiri.

6 Tips Memilih Laptop Tipis yang Ideal

Dengan bobot yang cukup ringan, laptop tipis memang bisa menjadi pilihan utama, apalagi bagi orang yang memiliki tingkat mobilitas tinggi yang perlu membawa laptop tersebut kemana saja.

Oleh karena itu agar tidak salah memilih, maka ada beberapa tips yang mungkin bisa digunakan dalam membantu Anda memilih laptop tipis yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Ukuran dan Berat yang Sesuai dengan Mobilitas

Portabilitas adalah salah satu alasan utama seseorang memilih laptop dengan desain yang kecil dan compact. Idealnya, laptop tipis haruslah memiliki bobot yang ringan dan tidak lebih dari 1,5 kg. Hal ini tentu saja bertujuan agar pengguna bisa tetap nyaman saat berpergian kemanapun meski membawa banyak barang termasuk laptop.

Selain itu, pastikan juga agar ketebalannya tidak lebih dari 20 mm, dengan tujuan agar laptop tetap mudah untuk disimpan dalam tas kerja atau ransel yang lebih ringkas. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan lebih susah untuk dibawa dalam tas kecil sehingga susah juga jika ingin dipakai terutama saat ingin bekerja di tempat umum. 

Selanjutnya faktor lain yang cukup penting untuk dipertimbangkan juga, yaitu mengenai dimensi ukuran layarnya. Laptop dengan layar 13 hingga 14 inci seringkali menjadi pilihan ideal, karena dapat memberikan keseimbangan antara portabilitas dan juga kenyamanan penggunaan.

2. Performa yang Tak Boleh Dikompromikan

Meskipun ukurannya yang tipis, namun performa dari laptop tentu saja tetap harus menjadi prioritas paling utama.

Oleh karena itu, selalu usahakan untuk memilih jenis laptop yang dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni seperti prosesor kelas menengah keatas yang umumnya memiliki performa cukup kencang.

Beberapa opsi CPU yang bisa dipilih misalnya saja seperti seri Intel Core Ultra 5 dan 7 atau AMD Ryzen 5 dan Ryzen 7, dimana jenis CPU tersebut umumnya mampu menangani berbagai aplikasi berat secara efisien.

Selain masalah CPU, pemilihan kapasitas RAM pun tentu perlu dipertimbangkan juga. Dimana RAM dengan kapasitas 8GB mungkin lebih dari cukup untuk memastikan kelancaran multitasking dan kebutuhan ringan.

Namun jika Anda sering bekerja dengan aplikasi yang lebih berat, seperti saat menjalankan jenis software untuk pengeditan video atau desain grafis, maka pertimbangkan untuk memilih laptop dengan RAM yang lebih besar seperti 16GB atau 32GB.

Penyimpanan data juga tentu saja tidak kalah penting. Dari pilihan yang ada saat ini, tipe storage SSD (Solid State Drive) tentu saja sangat direkomendasikan untuk dipakai.

Selain kecepatan transfer yang lebih cepat dibandingkan HDD konvensional, pemakaian SSD pun memiliki keunggulan lain, yaitu seperti bisa menghemat waktu saat booting dan juga proses loading aplikasi yang jauh lebih singkat, sehingga bisa meningkatkan efisiensi kerja Anda.

Lalu untuk ukuran kapasitas tentu saja bisa disesuaikan dengan kebutuhan, beberapa opsi yang bisa dipilih yaitu seperti kapasitas storage 256GB, 512GB, bahkan hingga kapasitas 1TB.  

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

Saat memilih laptop dengan ukuran tipis, maka kondisi daya tahan baterai menjadi salah satu faktor penting lain yang harus diperhatikan, terutama jika Anda sering bekerja di luar kantor atau tempat dengan sumber daya listrik yang terbatas.

Oleh karena itu dalam poin ini, usahakan memilih laptop dengan daya tahan baterai yang bisa bertahan setidaknya selama 7 jam hingga 10 jam untuk penggunaan sehari-hari. Durasi ketahanan lebih dari itu tentu saja lebih bagus untuk dipilih.

Fitur tambahan lain seperti teknologi pengisian daya cepat, mungkin bisa menjadi prioritas pertimbangan lain agar laptop lebih fleksibel saat dibawa kemana-mana. Sebab fitur seperti ini memungkinkan untuk melakukan pengisian baterai dalam waktu singkat. Sehingga membuat Anda tidak perlu menunggu lama saat melakukan isi daya (charging), terlebih saat terburu-buru ingin segera bekerja di luar rumah.

4. Kualitas Layar yang Nyaman untuk Penggunaan Jangka Panjang

Kualitas layar tentu memainkan peran besar juga dalam kenyamanan penggunaan laptop, terutama jika Anda bekerja dalam durasi waktu yang cukup lama. Laptop dengan layar beresolusi Full HD (1920 x 1080) boleh dibilang merupakan standar minimum untuk kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Namun untuk kebutuhan yang berhubungan dengan konten visual, seperti halnya desain grafis atau pengeditan video, maka layar dengan resolusi lebih tinggi seperti panel 2K atau 3K dan juga color gamut 100% sRGB tentu sangat disarankan dan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain masalah resolusi dan color gamut, teknologi layar juga perlu ikut dipertimbangkan. Layar OLED atau IPS bisa menjadi opsi terbaik untuk dipilih, karena kualitas warna yang dihasilkan bisa jauh lebih baik dan sudut pandangnya pun juga lebih luas dibandingkan jenis panel TN.

Lalu jika Anda sering bekerja di luar ruangan atau di lingkungan yang cukup terang, maka jangan lupa juga untuk memilih laptop dengan layar yang memiliki tingkat kecerahan minimal 300 nits serta fitur anti-glare untuk mengurangi pantulan cahaya.

5. Konektivitas yang Memadai

Kebanyakan laptop tipis memiliki keterbatasan jumlah port I/O karena desainnya yang ramping. Namun, ini tidak berarti Anda harus berkompromi dengan kebutuhan konektivitas yang intens.

Jadi sebelum membeli, ada baiknya untuk memastikan apakah laptop tersebut memiliki port yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari atau tidak. Adapun beberapa pertimbangan port yang seringkali diperlukan yaitu seperti port USB Type-C, USB Thunderbolt, port HDMI, jack audio 3,5mm, dan juga slot micro SD.

Port Thunderbolt terutama versi 4 merupakan salah satu port yang mungkin akan sangat berguna karena lebih fleksibel untuk berbagai kebutuhan, misalnya saja seperti untuk melakukan transfer data dengan kecepatan tinggi, pengisian daya, serta dukungan untuk monitor eksternal dengan resolusi tinggi.

6. Fitur Keamanan Tambahan

Beberapa laptop tipis dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan, misalnya saja seperti fitur sensor sidik jari atau pengenalan wajah (Windows Hello). Fitur-fitur tambahan seperti ini memang bisa sangat membantu untuk meningkatkan sistem keamanan data dan memberikan kemudahan saat login.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk memilih laptop yang memiliki tombol keyboard dengan pencahayaan (backlit keyboard), yang bisa memudahkan Anda bekerja di tempat dengan minim pencahayaan.

Fitur tambahan lain seperti touchpad yang responsif juga dapat meningkatkan kenyamanan saat menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, dan hal ini tentu saja bisa menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan juga.

ASUS UX3405, Laptop Tipis dengan Performa Gahar

Jika Anda sedang mencari laptop tipis yang memenuhi semua kriteria yang telah disebutkan di atas, maka ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 boleh dibilang bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Laptop ini memiliki ketebalan hanya 14,9 mm dan berat sekitar 1,2 kg saja. Sehingga membuatnya sangat nyaman untuk dibawa berpergian kemana pun secara lebih fleksibel.

Meskipun tipis, performa ASUS UX3405 tidak bisa dianggap remeh. Sebab laptop ini sudah dilengkapi dengan pilihan prosesor Intel generasi terbaru yaitu seri Core Ultra 5 dan Ultra 7, yang cukup kuat untuk menjalankan berbagai aplikasi berat tanpa hambatan.


Laptop tipis

Selain itu, laptop inipun hadir dengan memakai panel layar OLED 14 inci dan beresolusi 2880 x 1800 yang menawarkan kualitas visual luar biasa. Tipe layar OLED ini mampu menghasilkan detail warna yang sangat akurat dan juga tingkat kontras yang tajam, sehingga akan cocok digunakan untuk profesi yang berhubungan dengan industri kreatif maupun hiburan.

Daya tahan baterainya pun tak kalah impresif, yaitu mampu bertahan hingga 15 jam penggunaan normal. Keunggulan ini tentu saja bisa memastikan Anda tetap produktif sepanjang hari tanpa perlu khawatir kehabisan daya.

Sementara untuk keberadaan port I/O dan konektivitas, seri laptop ini sudah dibekali dengan fleksibilitas konektivitas yang cukup lengkap, yaitu ada Thunderbolt 4, port HDMI, combo audio jack 3,5mm, hingga Wi-Fi 6E yang kencang, dan berbagai fitur modern lainnya.

Laptop ini membuktikan bahwa meski memiliki dimensi tipis, namun tetap bisa mendapatkan performa tinggi tanpa perlu mengorbankan sisi portabilitas. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan laptop yang tipis, ringan, dan bertenaga, maka ASUS Zenbook 14 OLED UX3405 adalah solusi yang sempurna.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.