Home
Hardware
Komputer
Teknologi
Perbedaan Produk WD Berdasarkan Warna (WD Green, Blue, Red, dll)

Perbedaan Produk WD Berdasarkan Warna (WD Green, Blue, Red, dll)

SSD NVMe merk WD Green SN350 1TB

Siapa yang tidak kenal dengan brand Western Digital (WD), yaitu salah satu perusahaan besar di bidang teknologi terutama dalam hal storage penyimpanan data digital.

WD mempunyai berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan kita, dari mulai penyimpanan pribadi hingga aplikasi industri yang berat. Beberapa produk andalan mereka yaitu seperti hard-disk drive (HDD), solid-state drive (SSD), serta penyimpan data NAS yang berbasis mini server. 

Salah satu hal yang menarik dari brand ini, yaitu setiap produk yang mereka buat sudah dipisahkan menjadi beberapa kategori berdasarkan warnanya.

Konsep penggunaan kategori warna dalam produk Western Digital ini sudah diterapkan sejak awal tahun 2010-an. Dimana tujuan dari diperkenalkan sistem kategori warna ini, yaitu berfungsi untuk membedakan berbagai jenis produk seperti hard disk maupun SSD berdasarkan kinerja, keandalan, dan juga penggunaan aplikasi yang ditargetkan.

Selain itu, kategori warna ini juga dirancang semata-mata untuk memudahkan pengguna (end user) dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka. Adapun beberapa kategori tersebut yaitu, seperti varian WD Green, Black, Blue, dll.

Lalu apa perbedaan diantara kategori warna tersebut? Nah untuk mengetahuinya, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini.

Kategori Warna dalam Produk Western Digital (WD)

warna dan tipe SSD western digital

1. WD Green

Pertama ada WD Green yang merupakan varian paling efisien dalam hal penggunaan energi. Biasanya, produk ini lebih ramah lingkungan dan hemat daya, serta memiliki kinerja yang jauh lebih tenang, sehingga tidak terlalu mengganggu user saat mereka memakainya.

Varian green ini sangat cocok digunakan bagi kita yang membutuhkan jenis storage penyimpanan untuk penggunaan personal sehari-hari yang tidak memerlukan performa super tinggi, seperti untuk penyimpanan file umum (dokumen, foto, video, dsb), backup data ringan, serta untuk sistem komputer yang hanya mengutamakan efisiensi energi, misalnya pada tipe laptop entry level.

Soal harga, varian ini memiliki bandrol harga yang paling terjangkau diantara tipe penyimpanan yang lainnya. Sehingga bagi kita yang memiliki budget terbatas dan hanya perlu untuk kebutuhan tingkat pemula, maka produk ini sudah dirasa mencukupi bahkan bisa menjadi rekomendasi terbaik.

2. WD Blue

Selanjutnya ada WD Blue yang menawarkan keseimbangan antara performa dan juga harga. Produk ini memberikan kinerja yang jauh lebih stabil serta lebih dapat diandalkan untuk berbagai penggunaan sehari-hari, dengan spesifikasi penggunaan data yang lebih berat daripada varian green. 

Tipe ini cocok dipakai bagi kita yang memang membutuhkan jenis penyimpanan storage untuk komputer PC pribadi, laptop, atau aplikasi rumah dan kantor, namun memiliki kebutuhan komputasi yang cukup intens. Varian ini cocok untuk tugas-tugas seperti pengolahan gambar ringan, browsing, atau bahkan games ringan hingga sedang.

3. WD Red

Berbeda dengan varian Blue dan Green, tipe WD Red ini sengaja dirancang untuk kebutuhan mini server atau NAS (Network Attached Storage), yaitu sistem perangkat penyimpanan khusus yang terhubung ke jaringan untuk memungkinkan akses data oleh berbagai perangkat di jaringan yang sama, baik itu via komputer, smartphone, dan perangkat lainnya melalui jaringan lokal (LAN) atau bahkan melalui koneksi jaringan internet.

Produk satu ini memberikan keandalan dan performa yang dibutuhkan untuk lingkungan yang menggunakan banyak drive sekaligus. Sehingga varian ini sangat cocok digunakan khusus bagi kita yang memiliki sistem NAS dan membutuhkan penyimpanan yang bisa diandalkan untuk berbagi data atau bahkan sistem penyimpanan bersama di rumah maupun kantor kecil.

Varian Red ini terbagi ke dalam dua jenis, pertama ada WD Red Pro merupakan jenis storage yang memiliki kinerja tinggi dan dioptimalkan untuk RAID, dengan dirancang untuk penggunaan NAS komersial maupun skala perusahaan.

Sementara WD Red Plus merupakan jenis penyimpanan storage yang dioptimalkan untuk kebutuhan RAID dalam lingkungan NAS skala UKM, dengan memiliki sistem proteksi data yang cukup efektif.

4. WD Purple

WD Purple dioptimalkan untuk kebutuhan sistem pengawasan berupa rekaman video seperti untuk kamera CCTV. Produk ini siap menyimpan rekaman video secara terus-menerus selama 24 jam non-stop dengan memiliki beban kerja yang tinggi.

Selain itu, versi purple ini sudah dilengkapi fitur penyimpanan format video yang lebih efisien dan juga fitur Advanced Format Technology (AFT), yang memiliki fungsi untuk membantu agar rekaman video tidak mudah rusak (corrupt) maupun hilang.

Varian purple cocok digunakan untuk sistem keamanan dan pengawasan berupa recording video yang berjalan secara terus-menerus tanpa henti, seperti kamera CCTV atau sistem pengawasan lainnya.

5. WD Gold

WD Gold merupakan produk premium dan khusus diciptakan untuk mengakomodasi data center dari perusahaan besar. Varian ini menawarkan performa tinggi serta keandalan ekstra untuk beban kerja yang sangat berat.

Jika kita memiliki bisnis dengan skala perusahaan yang sudah besar atau untuk keperluan data center yang membutuhkan penyimpanan sangat andal dengan kinerja tinggi, maka varian ini cocok dipakai.

Selain penyimpanan, tipe gold ini juga menawarkan sistem perlindungan yang lebih advance serta terdapat fitur hybrid cloud. Varian ini juga sudah mengadopsi teknologi Helio Seal yang berfungsi untuk mengurangi biaya server sehingga lebih hemat dalam hal pengeluaran. 

6. WD Black

Sebenarnya WD Black ini sudah termasuk sub-brand seperti halnya merk SanDisk dan juga SanDisk Profesional dari perusahaan Western Digital. Jadi secara produk, varian ini sudah terpisah dari kategori warna yang sudah disebutkan diatas dari nomor 1 sampai 5.

Adapun WD Black sendiri memang dirancang khusus untuk performa yang sangat ekstrem. Produk ini diciptakan untuk penggunaan komputasi tingkat tinggi yang memerlukan kecepatan baca maupun kecepatan tulis yang cepat dari perangkat storage namun dengan memiliki kinerja yang tetap optimal.

SSD untuk Gaming

Sehingga WD Black ini memang ditargetkan khusus bagi para pengguna profesional seperti halnya pro player, profesional kreatif (content creator), maupun siapa saja yang membutuhkan media penyimpanan dengan performa tinggi untuk aplikasi yang menuntut pekerjaan berat, seperti saat memainkan game AAA, pengeditan video, desain grafis, dan pekerjaan multimedia lain.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !