Home
Desain Interior
Properti
Mengenal Marmer Sintetis, Keunggulan dan Harganya

Mengenal Marmer Sintetis, Keunggulan dan Harganya

motif dan ukuran marmer

Marmer seperti yang kita tahu merupakan salah satu dari jenis bahan bangunan yang terbuat dari batuan gamping yang mengalami metamorfosis. Bahan satu ini sudah lama digunakan bahkan sejak zaman kuno untuk berbagai keperluan terutama untuk kebutuhan arsitektur karena bisa memberikan kesan elegan dan mewah pada desain bangunan. 

Namun, karena harganya yang tergolong sangat mahal dan kerentanannya terhadap kerusakan, marmer alami tidak selalu menjadi pilihan praktis. Sehingga saat ini, sudah dikembangkan jenis marmer sintetis yang dibuat sebagai alternatif lain yang menarik.

Apa Itu Marmer Sintetis?
Marmer sintetis bisa juga disebut sebagai marmer komposit atau artificial marble adalah jenis marmer buatan yang berasal dari agregat sisa marmer alami, bubuk kalsium, resin polimer, pigmen, serta bahan mineral lainnya yang dicetak menggunakan proses pengepresan vakum bertekanan sangat tinggi.

Dalam proses pembuatannya memungkinkan marmer sintetis memiliki variasi warna dan pola yang beraneka ragam serta dirancang untuk meniru tampilan dan tekstur marmer alami. Sehingga material tersebut sangat cocok dipasang untuk berbagai jenis konstruksi dan fungsional lainnya terutama untuk bagian desain interior rumah.

Lalu dari segi ukuran jenis marmer sintetis memiliki banyak pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 


Seperti marmer asli, jenis marmer sintetis pun memiliki tekstur yang keras dan kaku sehingga lebih tahan terhadap tekanan. Selain itu, karena terbuat dari polimer, bahan satu ini lebih kuat dan tidak mudah pecah jika dibandingkan marmer alami yang sangat rentan terhadap benturan saat proses pemasangan.

Keunggulan Marmer Sintetis (Artificial Marble)

1.Biaya Lebih Terjangkau

Salah satu keunggulan utama marmer sintetis yaitu harganya yang cenderung relatif lebih murah jika dibandingkan dengan marmer alami. Hal ini tentu saja membuatnya menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk proyek konstruksi dan renovasi. Apalagi jika kita ingin meminimalisir budget pengeluaran agar lebih hemat.

2. Kekuatan dan Ketahanan

Marmer sintetis memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis marmer alami dalam beberapa hal. Beberapa kelebihan itu seperti bahannya yang cenderung lebih tahan terhadap noda, goresan, dan benturan, sehingga meminimalkan perawatan yang diperlukan.

3. Flesibilitas Desain

Selama proses pembuatan, marmer sintetis umumnya bisa menghasilkan variasi desain yang lebih banyak. Dengan berbagai pilihan warna, pola dan corak, marmer sintetis dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan desain interior atau eksterior.

Hal ini sedikit berbeda dengan varian marmer asli yang terkendala dari motif yang cenderung terbatas, karena pengaruh dari faktor alam itu sendiri.

Selain itu, karena teknik pencampuran bahan khusus digunakan dalam proses sintesis, marmer buatan ini lebih mudah untuk dipadukan dengan jenis batuan alam saat proses pemasangan, sehingga sangat cocok untuk proyek pelapisan area yang cukup luas.

4. Proses Instalasi Mudah

Marmer sintetis biasanya lebih ringan daripada marmer alami, membuatnya lebih mudah untuk dipotong dan juga dipasang pada berbagai skala ruangan. Hal ini juga akan berdampak pada biaya instalasi yang lebih murah dan penghematan dalam waktu pengerjaan.

5. Ramah Lingkungan

Beberapa jenis marmer sintetis dibuat dengan memanfaatkan bahan daur ulang, menjadikannya pilihan yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, produksi marmer sintetis biasanya mengkonsumsi energi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan ekstraksi dan pengolahan dari marmer alami.

Harga Marmer Sintetis

Harga marmer sintetis di pasaran Indonesia saat ini sangat bervariasi tergantung dari kualitas, merek, desain, dan juga ukuran.

Secara umum, harga marmer sintetis per meter persegi biasanya berkisar antara harga Rp 500.000 hingga sekitar Rp 1.500.000. Hal ini tentu saja lebih ramah kantong, karena harga marmer alami biasanya bisa lebih dari itu.

Namun meskipun harga ini lebih terjangkau dibandingkan marmer alami, sedikit catatan juga bahwa kualitas dan ketahanan produk tentu saja dapat berbeda-beda. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya kita memilih produk dari produsen yang terpercaya dan mempertimbangkan kebutuhan spesifik sesuai yang diinginkan.

Kesimpulan

Produk marmer sintetis saat ini menawarkan solusi yang sangat praktis dan ekonomis bagi kita yang menginginkan tampilan hunian rumah yang bisa memberikan kesan mewah tanpa mengorbankan anggaran atau tentang perawatan yang mahal.

Dengan berbagai keunggulan seperti biaya yang lebih rendah, ketahanan yang lebih baik, dan fleksibilitas desain, marmer sintetis menjadi pilihan yang populer di kalangan pemilik rumah dan desainer interior setidaknya hingga sekarang.

Jika kita memang sedang mencari alternatif pengganti marmer tidak berbeda jauh seperti untuk keindahan dan juga durability, maka marmer sintetis ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun overall, meskipun marmer sintetis dapat meniru tampilan dari marmer asli dengan sangat baik, hanya saja sensasi fisik yang dihasilkan seperti rasa dingin saat diinjak, hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya sama.

Ini bisa menjadi catatan penting yang mungkin perlu dipertimbangkan saat kita ingin memilih bahan untuk proyek tertentu, terutama jika pengalaman fisik material menjadi sangat prioritas. Pilihan diantara keduanya tentu saja akan tergantung pada kebutuhan estetika, fungsionalitas, dan anggaran yang dimiliki.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !