Home
Teknologi
Tutorial
Cara Ubah Teks Ketikan di PC atau HP Jadi Tulisan Tangan

Cara Ubah Teks Ketikan di PC atau HP Jadi Tulisan Tangan

surat pesan dalam bahasa inggris

Pernahkah kita berpikir untuk mengubah teks ketikan pada dokumen komputer atau smartphone menjadi tulisan tangan? Mungkin seperti untuk memenuhi kebutuhan tugas sekolah/kuliah, membuat laporan pekerjaan, atau bahkan sekedar agar catatan dapat terlihat lebih personal saja.

Nah jika pernah berpikir seperti itu, ternyata saat ini ada cara mudah yang bisa kita lakukan untuk membuat tulisan tangan dari yang sebelumnya berbentuk file digital seperti file Microsoft word, dsb.

Cara ini tentu saja bisa membuat kita menjadi tidak perlu repot lagi untuk menulis dengan tangan secara manual. Terlebih jika naskah yang harus ditulis itu sangat banyak, sehingga akan sangat melelahkan.

Jadi pada prinsipnya file dokumen tersebut nantinya akan diubah menjadi tulisan tangan dalam bentuk scan-an pada lembar buku tulis.

Tentu cara ini hanya bisa dimanfaatkan, seperti pada saat kita disuruh untuk membuat resume atau laporan tugas yang harus dikirim melalui email dan semacamnya. Sehingga cara ini tidak berlaku jika tugas tersebut harus diberikan dalam bentuk fisik.

Adapun untuk melakukan hal tersebut sebenarnya ada banyak sekali cara. Namun pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan cara yang paling praktis dan paling mudah. Bahkan menariknya kita tidak perlu menggunakan tambahan aplikasi khusus apapun, melainkan cukup melalui halaman website saja.

Nah untuk mengetahui bagaimana caranya, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Tulisan Tangan dari Teks Dokumen di Komputer maupun Smartphone

1. Langkah pertama kita cukup masuk ke halaman website layzbot.my.id menggunakan browser komputer maupun smartphone.

2. Setelah itu lalu kita pilih menu "Coba Gratis" > kemudian lakukan register akun dengan mengisi identitas sesuai yang diminta. Jika sudah lalu pilih menu "Register".

situs layzbot

3. Langkah berikutnya lalu kita salin atau copy teks tulisan dari dokumen file yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu pastekan di kolom kosong yang sudah disediakan di website tersebut.

4. Selanjutnya kita lakukan beberapa penyesuaian agar terlihat lebih personal.

Disini ada beberapa pengaturan yang bisa kita ubah dan disesuaikan dengan kebutuhan kita, misalnya seperti jenis font huruf yang dipakai, jenis kertas yang dipakai, warna tinta, serta beberapa kolom identitas seperti nama, kelas, jurusan, dan tanggal penulisan.

screenshot tulisan tangan di PC

5. Jika dirasa sudah sesuai semua, maka langkah terakhir kita bisa download hasilnya dengan cara memilih menu "Unduh Hasil". File yang di download tersebut nantinya akan berbentuk file gambar dengan format png.

Setelah mendapatkan hasilnya, sekarang kita bisa langsung menggunakannya untuk berbagai keperluan. Mudah bukan?

Catatan : Jika kita melakukan cara ini via Google Chrome di perangkat smartphone (Android atau IOS), maka untuk lebih memudahkan kita bisa mengubah tampilannya ke mode tampilan situs desktop terlebih dahulu.

Caranya yaitu setelah masuk ke website layzbot, kita cukup pilih menu tiga titik vertikal di pojok kanan atas > kemudian centang pada opsi Situs desktop.

pengaturan google chrome

Nah selain melalui halaman website tersebut, masih ada beberapa situs yang bisa kita coba untuk membuat tulisan tangan ini. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan web bernama texttohandwriting.com.

Adapun salah satu kelebihan dari website ini, yaitu selain lebih simpel dari sisi interface, juga hasil dari tulisan akan otomatis pindah ke halaman kertas berikutnya jika kertas sebelumnya sudah penuh.

layzbot website

Demikianlah tutorial kali ini tentang cara mengubah teks tulisan di dokumen komputer atau smartphone menjadi teks tulisan tangan. Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Jika ada langkah-langkah yang belum dimengerti, maka bisa langsung disampaikan saja pada kolom komentar yang ada dibawah. Terima kasih dan sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !