Home
Gadget
Teknologi
Tutorial
Cara Mengecek Suara Kanan Kiri Headset Earphone (Stereo)

Cara Mengecek Suara Kanan Kiri Headset Earphone (Stereo)

Earphone Xiaomi Black

Perangkat headset atau earphone stereo memang memungkinkan kita sebagai user untuk bisa menikmati pengalaman audio yang lebih imersif dengan adanya sistem pemisahan antara suara kanan dan juga kiri.

Sehingga kita sebagai pendengar pun dapat merasakan kedalaman dan arah suara dengan lebih baik, serta membuat pengalaman audio lebih dinamis dan juga menyenangkan seolah kita mendengarkan suara di dunia nyata. 

Meskipun lebih nyaman, ada masalah yang biasanya muncul ketika kita menggunakan jenis earphone ini, yaitu posisi pemakaian yang terkadang bisa salah dalam memasang perangkat tersebut. Dimana bagian kanan earphone sering dipakai di telinga sebelah kiri dan juga sebaliknya.

Hal ini sebenarnya mudah saja diatasi jika perangkat earphone/headset yang dipakai mencantumkan tulisan R maupun L di masing-masing perangkat. Dimana R mewakili kata Right untuk bagian telinga kanan, dan L yaitu Left untuk telinga kiri.

Hanya saja tidak semua perangkat audio itu menuliskan huruf tersebut pada setiap perangkatnya, terutama jika kita sudah membeli jenis headset yang tergolong murah, baik itu tipe berkabel maupun tipe wireless seperti TWS Bluetooth. 

Oleh karena itu, jika hal ini terjadi dan kita memang tidak bisa membedakan antara bagian yang kiri dan yang kanan, maka sebenarnya ada beberapa tips untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya yaitu dengan cara mengetes suara stereo headset tersebut.

Adapun untuk mengetahui caranya, maka bisa langsung disimak saja pada penjelasan berikut ini.

Cara Mudah Mengetes Earphone/Headset Bagian Kanan dan Kiri

Pada dasarnya untuk menguji suara stereo pada perangkat audio itu banyak sekali cara yang bisa kita gunakan. Namun dari semua cara itu, ada yang paling praktis dan simpel jika kita ingin membedakan antara bagian R dan L dari suara earphone.

1. Langkah pertama kita buka aplikasi youtube terlebih dahulu > setelah itu lalu ketik saja pada menu pencarian "tes suara headset kanan kiri".

tutorial mengecek suara stereo earphone

2. Setelah dicari, maka akan langsung muncul banyak video dan disini kita cukup pilih salah satu video tersebut.

3. Saat dimainkan nantinya suara dari video akan memutar musik dengan suara kanan dan kiri secara terpisah. Kita cukup samakan saja antara bagian perangkat earphone dengan suara yang ada di dalam video tersebut.

Tips Lain

Selain cara diatas, kitapun sebenarnya masih bisa menguji suara audio kanan-kiri dari perangkat headset ini. Misalnya dengan menggunakan lagu yang ada di perangkat smartphone atau PC kita.

Beberapa lagu bisa kita manfaatkan untuk melakukan kalibrasi tes ini. Salah satunya yaitu lagu Khayalan Tingkat Tinggi dari Peterpan. Dimana pada bagian intro awal lagu akan terdengar suara gitar, yang mana sumbernya itu berasal dari bagian headset/earphone sebelah kanan.

Jadi jika kita memutar lagu peterpan tersebut, lalu diawal terdengar intro gitar. Nah bagian itulah yang merupakan bagian earphone kanan/right. Sedangkan yang tidak terdengar suara gitar itulah bagian perangkat yang sebelah kiri.

Bagaimana mudah bukan? Selain lagu peterpan, masih banyak juga judul lagu-lagu lain yang bisa kita jadikan benchmark untuk melakukan pengetesan ini. Atau bahkan kitapun mungkin bisa menggunakan metode pengetesan lain.

Jika di PC atau laptop kita bisa memanfaatkan fitur bawaan bernama Volume Mixer, dengan cara mengecilkan salah satu sumber suara. Misal bagian R kita kencangkan full, sementara bagian L kita kecilkan suaranya. Jadi jika muncul suara, itu artinya suara berasal dari headset sebelah kanan.

Demikianlah tutorial singkat kali ini tentang Cara Mengecek Suara Kanan Kiri dari Headset Earphone (Stereo). Semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung disampaikan pada kolom komentar dibawah. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !