Home
Info
Komputer
Teknologi
Apakah Dot Pixel Mati pada Monitor Bisa Menyebar?

Apakah Dot Pixel Mati pada Monitor Bisa Menyebar?

Apakah Dot Pixel Monitor bisa Menyebar

Monitor merupakan salah satu komponen penting yang ada pada PC komputer. Boleh dibilang tanpa adanya monitor, maka kita tidak akan bisa menggunakan PC untuk berbagai keperluan, mulai dari bekerja, bermain game, hingga menonton film.

Sebagai komponen yang sangat krusial, banyak orang yang kemudian bertanya-tanya tentang berbagai masalah yang bisa terjadi pada bagian monitor ini, salah satunya yaitu mengenai kondisi dead pixel.

Bagi kita yang belum tahu, dead pixel sendiri yaitu kondisi yang terjadi ketika titik-titik kecil pada layar monitor menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Pada dasarnya, layar monitor terdiri dari ribuan dan bahkan bisa jutaan piksel yang menyala untuk dapat menampilkan suatu gambar. Setiap piksel itu terdiri dari tiga sub-piksel, yaitu merah, hijau, dan biru (RGB).

Nah ketika salah satu dari sub-piksel ini tidak berfungsi, maka piksel tersebut bisa menjadi 'mati', yang artinya pixel tidak dapat lagi menyala atau menghasilkan warna lagi, sehingga orang menyebutnya dengan dead pixel.

Adapun indikasi dari dead pixel sendiri yaitu bisa muncul sebagai titik hitam atau warna yang tidak berubah, meskipun gambar di sekitarnya berubah.

Penyebab Dead Pixel Monitor dan Apakah Dead Pixel Bisa Menyebar

Lalu pertanyaan yang sering muncul bagi para pengguna monitor yaitu, apakah dead pixel atau dot piksel yang mati ini bisa menyebar ke piksel lain yang masih normal?

Secara teknis boleh dibilang bahwa dead pixel pada monitor ini sebenarnya tidak akan menyebar ke piksel lain. Sebab setiap piksel yang tertanam pada panel layar merupakan satu unit utuh yang berdiri sendiri dan terbuat dari komponen elektronik yang independen.

Jadi, jika satu piksel mengalami kerusakan, itu tidak berarti bahwa piksel di sekitarnya akan ikut rusak juga. Sehingga kita tidak perlu khawatir jika hal ini terjadi.

Dimana dead pixel sendiri bisa terjadi karena adanya cacat manufaktur, keausan alami, atau kerusakan fisik, dan tidak ada mekanisme dalam layar yang membuat kerusakan ini bisa "menular" ke piksel lain.

Bahkan jika terdapat dot piksel yang mati dalam jumlah tertentu dan perangkat monitor tersebut masih dalam perlindungan masa garansi, seharusnya kita bisa melakukan claim produk untuk mengganti dengan unit yang baru.

Faktor yang Bisa Menyebabkan Dead Pixel Baru Muncul

Meskipun kondisi dead pixel secara prinsip tidak akan menyebar, namun ada beberapa faktor yang bisa membuat munculnya kondisi dead pixel baru di tempat lain pada layar monitor. Adapun faktor tersebut beberapa di antaranya adalah sbb.

1. Tekanan Fisik, Layar monitor sangat sensitif terhadap tekanan. Jadi jika kita secara sengaja atau tidak sengaja menekan layar terlalu keras maupun menjatuhkan monitor, hal ini bisa menyebabkan terjadinya piksel lain menjadi mati.

2. Kualitas Layar, Monitor dengan kualitas rendah atau yang sudah digunakan dalam waktu lama lebih rentan mengalami dead pixel. Piksel baru yang mati bisa muncul seiring waktu, meskipun ini tidak berarti dead pixel yang sudah ada menyebar.

3. Masalah Overheating, Jika layar mengalami panas berlebih, maka hal ini bisa menyebabkan kerusakan, seperti piksel yang menjadi terbakar. Dan jika dibiarkan bisa saja mempengaruhi dot pixel lain, dan bisa membuat proses addressing warna menjadi error.

4. Kerusakan Controller, Meski tidak bisa menyebar, namun jika kerusakannya terjadi pada tingkat controller rangkaian paralel, maka hal ini bisa saja membuat satu rangkaian pixel yang ada pada satu garis yang sama bisa ikut mati semua. Namun hal ini bukan semata-mata kerusakan piksel yang menyebar, akan tetapi karena satu rangkaiannya yang memang rusak.

5. Masalah pada Komponen Lain, Terkadang masalah pada driver grafis atau komponen lain dalam PC bisa menyebabkan gangguan pada layar yang mungkin bisa mengakibatkan munculnya dead pixel baru.

Apakah Dot Pixel Mati Bisa Diperbaiki Secara Manual?

Jawabannya yaitu bisa iya dan bisa tidak, tergantung dari penyebab dead pixel itu sendiri.

Ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk memperbaiki kondisi dead pixel ini, seperti dengan menggunakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk "memijat" piksel agar bisa kembali ke kondisi normal.

Bisa juga dengan metode teknik fisik seperti menekan layar dengan lembut menggunakan tangan di area sekitar dead pixel. Namun, keberhasilan metode semacam ini sebenarnya tidak selalu terjamin, dan bahkan dalam banyak kasus dead pixel yang benar-benar mati tidak bisa diperbaiki.

Sehingga jika kondisi dead pixel memang sudah tidak bisa diperbaiki dan sangat mengganggu, maka satu-satunya solusi mungkin adalah mengganti monitor.

Namun sebelum kita benar-benar mengambil langkah tersebut untuk mengganti dengan unit baru, sebaiknya pastikan juga untuk kita mengecek garansi monitor, karena beberapa produsen seringkali memberikan garansi untuk masalah dead pixel seperti ini.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !