Home
Elektronik
Tips dan Tutorial
Alasan Kulkas Tidak Boleh Dibawa Miring dan Tips Memindahkannya

Alasan Kulkas Tidak Boleh Dibawa Miring dan Tips Memindahkannya

Tipe Ukuran Kulkas
Beberapa orang diantara kita mungkin pernah memindahkan kulkas di dalam rumahnya, terlepas itu kulkas yang baru dibeli maupun kulkas lama yang ingin dipindahkan posisinya ke tempat yang lain.

Memindahkan kulkas memang terlihat seperti pekerjaan sederhana, namun pada kenyataannya hal tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Melainkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perangkat elektronik tersebut tetap dapat berfungsi dengan baik setelah proses pemindahan selesai.

Adapun salah satu aturan penting yang sering disarankan adalah menghindari membawa kulkas dalam posisi miring atau ditidurkan. Mengapa demikian? Ternyata memang ada beberapa alasan teknis soal larangan memindahkan kulkas atau lemari dengan cara posisi seperti itu.

Nah lalu untuk mengetahui apa alasannya, serta bagaimana tips memindahkan yang benar, maka bisa langsung disimak saja seperti pada penjelasan berikut ini.

Alasan Lemari Es / Kulkas Tidak Boleh Dibawa dalam Posisi Miring

1. Kompresor dan Oli

Kompresor merupakan salah satu bagian penting dari lemari es yang berfungsi untuk mengompres gas pendingin. Dimana dibagian dalam kompresor, biasanya akan terdapat oli yang berfungsi sebagai pelumas dari komponen-komponen yang bergerak.

Nah jika kulkas dibawa dalam posisi miring atau bahkan ditidurkan, maka oli ini dikhawatirkan dapat mengalir ke bagian-bagian lain dari sistem pendinginan.

Hal ini jika terjadi tentu saja dapat menyebabkan kerusakan pada kompresor saat kulkas dinyalakan kembali dalam posisi tegak, karena kompresor mungkin tidak lagi mendapatkan pelumasan yang cukup akibat oli yang sudah habis.

2. Distribusi Refrigeran

Kulkas dirancang untuk beroperasi dalam posisi tegak, dimana distribusi elemen gas pendingin (refrigeran) dapat berjalan sesuai dengan alur yang telah ditentukan.

Ketika posisi kulkas dimiringkan, otomatis akan membuat gas pendingin bisa mengalir ke bagian sistem elektrik yang umumnya tidak dirancang untuk menangani tekanan berlebih tersebut.

Sehingga pada akhirnya, hal itulah yang dapat menyebabkan gangguan pada siklus pendinginan dan efisiensi kulkas menjadi buruk.

3. Kerusakan Struktur Internal

Komponen dalam kulkas seperti pada bagian rak maupun pada bagian lain umumnya dirancang untuk dapat menahan beban dalam posisi tegak saja.

Lalu jika kulkas dibawa dalam posisi yang miring, maka ada kemungkinan resiko posisi yang bergeser atau bahkan rusak pada komponen-komponen tersebut.

Selain itu, cairan atau makanan yang mungkin masih tersimpan di dalamnya pun dapat tumpah, dan hal ini tentu saja bisa menyebabkan kekacauan dan potensi kerusakan lebih lanjut.

4. Kerusakan Kabel dan Komponen Elektronik

Kulkas modern dilengkapi dengan berbagai macam komponen elektronik yang sensitif.

Saat kita memindahkan lemari es dalam posisi yang tidak benar, maka hal itu dapat memicu kabel yang terlepas, putus, atau bahkan komponen elektronik terganggu. 

Sehingga pada akhirnya, jika dibiarkan bisa berakibat pada kerusakan atau malfungsi perangkat secara keseluruhan.

Tips Memindahkan Kulkas yang Benar

Nah ada beberapa tips yang bisa dicoba agar kulkas dapat tetap berfungsi dengan baik setelah dipindahkan, termasuk cara memindahkannya yang baik dan benar.

1. Kosongkan Isi Kulkas

Sebelum memindahkan kulkas, maka ada baiknya kita keluarkan terlebih dahulu semua makanan, minuman, dan barang-barang lain yang ada di dalamnya.

Hal ini bertujuan semata-mata bukan hanya untuk meringankan beban lemari es yang berat, tetapi juga sebagai cara untuk mengantisipasi kerusakan elektrikal maupun tumpahan yang mungkin bisa terjadi.

2. Amankan Pintu dan Rak

Sebelum dipindahkan disarankan agar kita menutup rapat bagian pintu, bila perlu kita bisa mengunci bagi pintu dengan lakban atau tali untuk mencegahnya terbuka saat dipindahkan.

Jangan lupa juga untuk mengamankan bagian rak dan laci agar tidak bergeser dengan cara mengeluarkannya, karena bagian tersebut seringkali bisa dibuka-pasang.

3. Angkat dengan Posisi Tegak

Nah ini salah satu momen yang sangat penting, dimana pada saat proses memindahkan kulkas, usahakan agar kita dapat mempertahankan posisinya dalam keadaan tegak lurus.

Agar lebih memudahkan, kita bisa menggunakan alat bantu seperti dolly atau troli untuk membantu membawa lemari es dengan lebih cepat dan aman.

Namun jikapun kita terpaksa harus membawanya dalam keadaan miring, maka pastikan agar dilakukan sebentar saja dan dalam sudut yang tidak terlalu ekstrem. Misalnya seperti pada saat melalui pintu yang terkadang memiliki ukuran yang tidak terlalu lebar maupun tidak terlalu tinggi.

4. Biarkan Berdiri Sebelum Dinyalakan

Setelah kulkas dipindahkan, biarkan kulkas berdiri tegak selama minimal 4 hingga 24 jam sebelum dinyalakan kembali.

Hal ini berfungsi untuk memberikan waktu bagi oli di dalam kompresor agar bisa kembali ke posisi yang tepat, sekaligus mencegah dari munculnya potensi kerusakan.

5. Periksa Kembali Setelah Memindahkan

Setelah kulkas berada di tempat baru dan sudah dinyalakan, ada baiknya kita periksa ulang, apakah semua komponen sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Pastikan pada saat memeriksanya tidak ada kondisi yang aneh, seperti suara dengung yang terlalu keras, masalah dengan pendinginan yang lama atau bahkan bagian freezer yang tidak membeku.

Kesimpulan

Meski terlihat sepele namun memindahkan kulkas dengan cara yang benar sebenarnya sangat penting guna menjaga kinerja dan umur panjang perangkat dari perangkat elektronik tersebut.

Menghindari posisi miring atau ditidurkan selama pemindahan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi komponen internal di dalam kulkas dari kerusakan yang mungkin bisa terjadi.

Dengan mengikuti tips-tips yang telah disebutkan di atas, diharapkan kita tidak salah lagi saat ingin memindahkan kulkas dan dapat memastikan bahwa perangkat tersebut tetap bisa berfungsi dengan normal di lokasi baru setelah proses pemindahan selesai.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke Blog ini. Bagi pengunjung silahkan tinggalkan komentar, kritik maupun saran dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan. No Spam !